Satpol PP Busel Ambil Bagian Tekan Inflasi Daerah

Kasat Pol PP Busel, Dirman (Baju putih paling kiri) saat mendampingi Pj Bupati Busel, La Ode Budiman. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Sebanyak 14 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Buton Selatan (Busel) ditugaskan dalam mengawal kunjungan kerja Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, dalam rangka pengendalian inflasi daerah melalui survey harga sekaligus menggelar pasar murah, di Pasar Rakyat Mambulu, Kecamatan Sampolawa, Jumat 31 Maret 2023.

Penugasan personel ini merupakan komitmenKasat Pol PP, Dirman  untuk mendukung visi dan misi Kepala Daerah dalam menekan laju inflasi sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo, sekaligus pelaksanaan tugas sesuai tema besar HUT Satpol PP ke-73 dan Satlinmas ke-61 tahun 2023, yakni “Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Pelindungan Masyarakat yang Profesional”.

- Advertisement -

Sesuai tema tersebut, Satpol PP tentu dapat mengambil peran sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat terkhusus pada Tertib Lingkungan bagian ketiga Tertib Usaha sehingga tercipta suasana yang bisa menarik minat para investor. Satpol PP dapat dilibatkan untuk memudahkan kebijakan investasi di daerah dengan memperkuat profesionalisme dan integritas serta mempertahankan sifat humanis agar memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan para pelaku usaha.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, menegaskan telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menstabilkan harga agar tidak terlalu memberatkan dan tetap menjaga daya beli masyarakat sepanjang puasa Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1444 Hijiriah/2023 Masehi. Salah satunya dengan menggelar pasar murah.

Selain pasar murah, strategi lainnya adalah dengan melibatkan lintas OPD, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan dalam setiap kegiatan kunjungan di pasar sebagai dukungan pemerintah. Menurutnya strategi ini cukup efektif karena ketika setiap orang melakukan transaksi maka akan terjadi pergerakan dan geliat ekonomi di dalam pasar akan tumbuh.

Baca Juga :  Merdeka Belajar Wujudkan Cita-Cita Ki Hadjar Dewantara

Diketahui terdapat beberapa komoditas yang disiapkan dalam pasar murah tersebut. Antara lain beras 10 kilogram dijual dengan harga Rp128 ribu, minyak goreng ukuran 2 liter Rp 28 ribu, gula Rp 14 ribu per kilogram, dan tepung terigu seharga Rp 12,5 ribu per kilogram. (adm)

Facebook Comments