Pemkab Busel Salurkan Bansos Kepada 19.752 Keluarga Sepanjang 2022

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Busel, Mudin

BATAUGA, Rubriksultra.com- Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan (Busel) berhasil menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) kepada 19.752 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sepanjang tahun 2022. Terdapat 13 jenis Bansos yang diserahkan kepada para penerima.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Busel, Mudin mengatakan, bantuan tersebut bersumber dari APBN, APBD Provinsi Sultra dan APBD Kabupaten Busel. Bansos yang bersumber dari APBN kepada 16.832 KPM dan APBD Provinsi Sultra kepada 400 KPM.

- Advertisement -

Sementara pada APBD Induk dan APBD-Perubahan Kabupaten Busel berhasil disalurkan kepada 2.520 KPM.

Selain itu, Bansos dari APBD Busel ada pula dalam bentuk barang yang diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Usaha Ekonomi Produktif (UEP), dan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka).

Bantuan tersebut untuk kegiatan individu atau kelompok dengan tujuan pemberdayaan masyarakat melalui bantuan penguatan modal usaha dan kegiatan usaha ekonomi produktif.

“Untuk Kube ada dua jenis bantuan sosial, yakni Kube fakir miskin tiga kelompok yang dapat dan Kube karang taruna ada dua kelompok yang dapat,” katanya.

Sementara untuk UEP, lanjut Mudin diberikan kepada disabilitas, lansia dan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka).

“Disabilitas ada sembilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima, lansia ada 38 KPM dan Pekka ada 21 Kepala Keluarga (KK) yang menerima bantuan,” ujar Mudin.

Dikatakan selain pada APBD induk, pihaknya juga menyalurkan bantuan sosial pada APBD-Perubahan Busel tahun 2022 yakni BLT BBM Pemda kepada 2.220 KPM, BLT BBM Transportasi Darat kepada 151 KPM, BLT BBM Transportasi Laut kepada 102 KPM dan Kube karang taruna kepada enam kelompok.

“Bansos dari APBD Provinsi Sultra adalah BLT BBM Disabilitas untuk 400 KPM. Sementara bansos dari APBN 2022 antara lain Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 5.659 KPM, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada 5.254 KPM dan BLT kepada 5.919 KPM,” pungkasnya. (adm)

Baca Juga :  Arusani Ganti Empat Motor Korban Konflik Desa Tira dan Bahari

Laporan : Ady

Facebook Comments