Dokter Endang Buka Praktik Spesialis Kandungan di Perintis Baubau

dr Endang Ruslianty., Sp.OG., M.Kes

BAUBAU, Rubriksultra.com-  dr Endang Ruslianty., Sp.OG., M.Kes resmi membuka praktik spesialis kandungan yang ditandai dengan grand opening yang dihelat Sabtu, 27 Mei 2023.

Praktik ini terletak di Lorong Perintis, Jalan Sapati Manjawari, Kelurahan Katobengke, Kecamatan Betoambari. Praktik dibuka pada pagi mulai pukul 08.00 – 10.00 WITA dan sore dari pukul 17.00 – 20.00 WITA.

- Advertisement -

dr Endang Ruslianty menjelaskan praktiknya melayani masalah kebidanan berkait dengan orang-orang melahirkan maupun keguguran serta penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kandungan, misalnya kista dan miom.

Praktiknya juga melayani konsultasi kandungan bagi pasangan suami istri yang ingin program kehamilan (promil) atau pasangan yang ingin mengkonsultasikan soal sudah lama belum dikaruniai anak.

“Layanan paling utama kita adalah pemeriksaan kesehatan ibu dan janin, tambahannya tadi pemeriksaan masalah penyakit kandungan untuk mengidentifikasi apakah ada tumor ganas atau tidak,” katanya.

Praktik ini sudah dilengkapi dengan teknologi ultrasonografi 4 dimensi atau dikenal dengan USG 4 dimensi. Alat ini membuat ibu hamil bisa lebih jelas mengamati keadaan janin termasuk wajah dan jenis kelaminnya.

“Jadi bukan lagi dalam bentuk hitam putih. Tetapi kita juga melayani USG 2 dimensi dan USG Trans Vagina. Biaya USG 2 dimensi 150 ribu, USG 4 dimensi 250 ribu,” tambahnya.

Kendati sudah dilengkapi dengan alat modern yang mumpuni, salah satu dokter perempuan spesialis kebidanan dan penyakit kandungan yang belum lama mengabdi di RSUD Kota Baubau ini tak berbangga diri. Menurutnya, alat modern seperti itu bisa saja dimiliki dokter lain.

“Kalau alat bukan sesuatu yang mau diunggulkan. Tidak. Niat saya hadir di Baubau hanya untuk mengabdi, ingin membantu saudara-saudara kita di kampung halaman,” tandas dokter yang sudah 20 tahun mengabdi di Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan itu. (adm)

Baca Juga :  Polisi Duga Pelaku Pembunuhan Dua Perempuan di Baubau Kenal dengan Korban

Laporan : Ady

Facebook Comments