Bawaslu dan Media di Baubau Sinergi Tangkal Hoax

Komisioner Bawaslu Baubau, Yusran Elfargani (kiri).

BAUBAU, Rubriksultra.com– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Baubau bersama media massa melaksanakan konsolidasi peran untuk menangkal hoax atau informasi bohong. Tujuannya tak lain untuk menciptakan Pemilu 2024 yang demokratis dan berkualitas.

“Jadi konsolidasi peran media massa ini bertujuan agar publik dapat mengetahui penyelenggaraan Pemilu dan dicerahkan dengan berita benar, objektif serta dijauhkan dari hoax,” kata Komisioner Bawaslu Baubau, Yusran Elfargani, Rabu 14 Juni 2023.

- Advertisement -

Kata Yusran, output dari konsolidasi ini untuk kesejahteraan masyarakat, sebab tidak sedikit informasi tak benar mulai ramai berseliweran di media sosial jelang Pemilu ini.

“Kadang jika didalami sudah hampir menuju kampanye hitam, bahkan cenderung menyudutkan pihak-pihak tertentu dan mengarah ke hoax,” ujarnya.

Untuk itu, Yusran berharap sinergitas antara Bawaslu dan media massa terus berjalan dengan baik sehingga melalui peran media dapat menciptakan pemberitaan berimbang dan berkualitas sehingga masyarakat berada pada kondisi yang tercerahkan dan mendapatkan informasi proporsional dan berkualitas.

Apalagi potensi konflik jelang Pemilu biasanya dimulai dari “perang” di media sosial yang jika tidak ditangkal maka tidak menutup kemungkinan eskalasinya bisa terjadi di dunia nyata.

“Karena dengan dinamika politik yang semakin hari semakin panas, tentu saja banyak pihak-pihak yang memanfaatkan media sosial yang terkadang memberikan pernyataan-pernyataan tidak berimbang sehingga sudah menjadi tugas kita untuk mencerahkan itu,” harapnya. (Adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Bawaslu Baubau Tetapkan Lakologou Kampung Pengawas Partisipatif