Buton Selatan Dianugerahi Penghargaan Penyelenggara Pemerintah Daerah

BATAUGA, Rubriksultra.com – Pemkab Buton Selatan dianugerahi piagam penghargaan atas capaian kinerja berdasarkan laporan evaluasi penyelenggara pemerintah daerah tahun 2023. Di bawah komando, La Ode Budiman, Buton Selatan meraih peringkat 38 dari 416 kabupaten/kota di Indonesia dan urutan ketiga terbaik di Sultra.

Pj. Bupati Busel, La Ode Budiman memberikan apresiasi kepada seluruh OPD yang sudah bekerja aktif sehingga berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Laporan penyelenggaraan pemerintah daerah merupakan hal yang penting sekaligus evaluasi penilaian kinerja dan kesungguhan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan.

- Advertisement -

“Semoga capaian hari ini bisa dijadikan motivasi kita semua dalam bekerja. Harapan saya kepada semua OPD untuk terus menerus meningkatkan kinerja agar dapat meraih hasil yang lebih maksimal lagi di tahun-tahun mendatang,” ucapnya.

Kabag Pemerintahan Setda Buton Selatan, La Ode Mastatar Mas’ud menjelaskan Mendagri menetapkan Indikator Kinerja Kunci (IKK ) untuk masing-masing urusan, yang terdiri dari indikator kinerja kunci output dan indikator kinerja kunci outcome. Semua itu selanjutnya menjadi rapor kerja kepala daerah.

“Kami dari bagian tata pemerintahan setda Busel, hanya mengkoordinir, mengakomodasi serta memfasilitasi teman-teman dari OPD, selanjutnya menyusun laporannya. Sehingga pencapaian ini seutuhnya kerja maksimal dari OPD dan perencananya,” tambahnya.

Untuk diketahui, penghargaan tersebut dianugerahkan setelah Kementerian PPN/Bappenas, melalui Kedeputian Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan menyelenggarakan evaluasi komprehensif dan kreatif terhadap Provinsi, Kabupaten, dan Kota melalui Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

Penghargaan yang secara rutin diselenggarakan sejak tahun 2011. Awalnya bernama Anugerah Pangripta Nusantara (APN) dan telah mengalami perkembangan dan perbaikan setiap tahun pelaksanaannya.

Perubahan nama dari Anugerah Pangripta Nusantara (APN) menjadi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) digunakan sejak tahun 2018. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Hari Asri Desa 2023, Pj Sekda Busel Pimpin Penanaman 16 Ribu Pohon