Stabilitas Keamanan Masuk Program Prioritas

Pasangan Calon Wali Kota Baubau Roslina Rahim dan Calon Wakil Wali Kota, La Ode Yasin berpose bersama. (FOTO : Dokumen Facebook Saya Rossy)

BAUBAU, Rubriksultra.com – Sebagai kota persinggahan Baubau rentan terhadap berbagai persoalan. Gesekan yang melibatkan kelompok masyarakat maupun kriminalitas yang tinggi menjadi fenomena yang sering terjadi di daerah.

Kondisi ini membuat pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau nomor urut satu, Hj. Roslina Rahim-La Ode Yasin menjadikan stabilitas keamanan sebagai salah satu prioritas program kerja. Duet ini meyakini, jika keamanan tak tercipta maka segala urusan ikut tersendat.

- Advertisement -

“Itulah kenapa kami jadikan keamanan dan ketertiban masyarakat ini menjadi isu paling atas. Banyak potensi yang bisa kita gali di Baubau ini, tapi kuncinya harus ada rasa aman baik untuk masyarakat maupun bagi investor yang akan masuk,” kata Calon Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Yasin di kediamannya, kemarin (17/5).

Mantan Legislator PBB ini mengaku telah memikirkan berbagai macam langkah. Salah satunya dengan melakukan pengamanan berbasis masyarakat.

“Kita akan hidupkan kembali yang namanya Poskamling. Ini memang sudah tidak ada, kalaupun ada itu hanya sporadis saja karena kebijakan tokoh-tokoh masyarakat ataupun pemerintah di tingkat kelurahan. Dia tidak menjadi kebijakan sentral diatasnya. Nah, kalau kami, Rossy dipercaya menjadi wali kota dan wakil wali kota, mudah mudahan itu akan kita wujudkan,” tambahnya.

Rossy akan meningkatkan pendekatan budaya untuk meminimalisir gesekan antar pemuda atau kelompok masyarakat. Dalam pendekatan ini akan melibatkan banyak stekholder termasuk tokoh budaya.

“Namanya Sara Pataanguna akan kita gelorakan kembali agar menjadi spirit dan membuming bagi seluruh masyarakat yang ada,” katanya.

Guna mencegah pelaku kriminal, tindakan preventif seperti pemasangan CCTV dan pemenuhan infrastruktur penerangan jalan juga menjadi perhatian. Sedangkan objek vital, akan dikoordinasikan dengan aparat pengamanan baik yang sifatnya mobile maupun stasioner.

Baca Juga :  Bacaleg DPR RI PBB Diisi Sejumlah Tokoh

“Pelibatan tokoh masyarakat dan aparatur pemerintah yang bersentuhan langsung dengan pengamanan seperti Kesbangpol akan ditingkatkan,” paparnya.

Mengenai penganggaran kegiatan, La Ode Yasin mengaku telah menyusun dalam program ke 12 dari 15 prioritas kelurahan mantab.

“Kalau untuk penerangan jalan memang itu masuk kedalam 44 program unggulan kita. Kita ingin buat Baubau ini terang benderang sehingga stabilitas keamanan dapat terjaga,” tandasnya. (uky/war)

Facebook Comments