Pj Gubernur Sultra Sampaikan Tujuh Arahan Presiden

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto kembali memimpin apel gabungan ASN Lingkup Pemprov Sultra yang dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Senin 6 November 2023.
Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto kembali memimpin apel gabungan ASN Lingkup Pemprov Sultra yang dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Senin 6 November 2023.

KENDARI, Rubriksultra.com – Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto kembali memimpin apel gabungan ASN Lingkup Pemprov Sultra yang dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Senin 6 November 2023.

Turut hadir, Sekda Sultra, Asisten Setda Sultra, Staf Ahli Gubernur Sultra, para Kepala OPD Lingkup Pemprov, para Sekretaris Dinas, Para Kepala Bidang Lingkup Pemprov Sultra, Pejabat Fungsional dan seluruh Staf Pemprov Sultra.

- Advertisement -

Dalam apel tersebut, Pj Gubernur Sultra menyampaikan beberapa arahan dari Presiden RI. Pertama, dunia saat ini tidak baik-baik saja, tidak semakin jelas dengan adanya ketidakpastian ekonomi global, mengingat ekonomi global betul-betul tidak gampang diprediksi.

Kenaikan suku bunga di Amerika Serikat mempengaruhi negara berkembang sehingga solar ditarik semua ke Amerika apa hubungannya tentu rekan-rekan bisa melihat sendiri kenaikan solar ketika di kurs ke rupiah.

“Kedua, perubahan iklim terjadi kekeringan dibeberapa di dunia termasuk juga Indonesia sehingga akan menurunkan produksi beras, disisi lain di negara pengekspor beras ada 22 negara sebut saja India,Vietnam, Thailand itu juga membatasi karna mereka juga harus menyelamatkan diri sendiri sehingga secara langsung dan tidak langsung akan mempengaruhi harga beras didalam negeri inilah situasinya,” tuturnya.

Ketiga, sambung dia, implikasi dari Perang Ukraina dan Rusia, terakhir serangan terhadap Palestina berbicara secara singkat apa hubungannya ketergantungan dunia termasuk Indonesia akan gandum dan beras, termasuk juga akan mempengaruhi pasokan bahan bakar minyak, semua ini akan meningkatkan inflasi sehingga teman-teman harus tahu perkembangan lingkungan strategis.

“Keempat, ketika beras naik di diharapkan, mempunyai dukungan anggaran sebut saja BTT kita harus melakukan intervensi, agar harga pangan tidak semakin naik termasuk juga diharapkan perangkat daerah melihat harga-harga di pasar melihat stok ke pada kabupaten/kota termasuk juga provinsi lakukan langkah-langkah, jangan terjebak dalam rutinitas administrasi pekerjaan di kantor ini,” sambungnya.

Baca Juga :  Diduga Kena Tembak, Satu Mahasiswa Meninggal Dunia Saat Demo di Kendari

Dalam rangka menurunkan inflasi, Andap turun ke Wakatobi dan membuka Wakatobi Wave sehingga arahan selanjutnya yakni inflasi tidak boleh lebih dari 4. Banyak orang dan ramai menyoroti kinerja Pj Gubernur, ada yang memainkan dengan pemberitaan kalau berbicara komparasi.

“Saya sampaikan ini konsep kerja saya yang pertama dari sandang pangan dan seterusnya, semua itu adalah demi kepentingan kesejahteraan masyarakat disini sehingga sudah tiga kali, saya berbicara dengan DPRD belum dimasukan dan kemiskinan ekstrim termasuk juga berbicara mengenai inflasi disana saya datang dengan konsep kerja. Kemarin juga saya turun ada progress yang signifikan kalau berbicara koparasi pada tahun 2022 yang lalu, saat ini kita sudah 3,14 jadi sudah turun jauh,” pungkasnya. (adm)

Facebook Comments