Hujan Sejak Subuh, Upacara Harkitnas Dialihkan Dalam Gedung

Para pelajar yang menghadiri upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 yang berlangsung di aula pertemuan Kantor Wali Kota Baubau, Senin (21/5/2018) (FOTO Kominfo Baubau for Rubriksultra)

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pemkot Baubau menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110, Senin pagi (21/5/2018). Sejatinya kegiatan itu digelar di lapangan terbuka, namun digeser di aula pertemuan Balaikota Baubau karena hujan sejak subuh tadi.

Akibatnya acara dimulai pukul 08.30 Wita. Suasana upacara berlangsung hikmad dengan iringan lagu bernuasa kebangsaan dinyanyikan kelompok paduan suara dari siswa-siswi SMA Negeri 2 Baubau.

- Advertisement -

“Upacara dipimpin langsung Pj. Wali Kota Baubau, Dr. Ir. Hado Hasina, MT sebagai pembina upacara, dengan komandan upacara Hendra, seorang ASN Lingkup Pemkot Baubau. Wali Kota pada kesempatan ini membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara,” jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S. Kom, M.Si melalui release yang diterima Rubriksultra.com

Menteri Kominfo RI mengulas mengenai perjalanan bangsa Indonesia 110 tahun telah tumbuh sejajar dengan bangsa besar lainnya. Hal itu merupakan hasil perjuangan para pahlawan, termasuk meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan dan sektor lainnya.

Sesuai tema harkitnas “Pembangunan SDM memperkuat pondasi Kebangkitan Nasional dalam Era Digital” diharapkan penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri dan merebut peluang untuk meningkatkan kapasitas.

“Pengembangan kapasitas SDM juga harus diletakkan pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia,” tandas Pj Walikota Baubau membacakan arahan Menkominfo.

Menurutnya generasi bangsa Indonesia kini disebut ‘Generasi Millenial” yang mendapatkan bonus demografi juga terpapar masifnya perkembangan tenologi digital. Ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama.

“Akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan lansekap ekonomi berbasis digital dunia,” tandas Rudiantara.

Baca Juga :  Gakumdu Masih Kaji Laporan Kampanye di Luar Jadwal di Buton

Untuk diketahui upacara seyogianya dilaksanakan Minggu kemarin (20/5/2018). Karena menyesuaikan dengan kondisi bulan suci ramadhan sehingga pelaksanaannya dimajukan pagi ini.

Upacara ini dhadiri langsung Wali Kota dan segenap Anggota Forkopimda, Anggota DPRD Kota Baubau, pimpinan SKPD dan segenap ASN, Pemuda dan pelajar se Kota Baubau, Ormas, dan OKP se Kota Baubau. (war)

Facebook Comments