Kadis Kominfo Sultra Apresiasi PPID Konut

KENDARI, Rubriksultra.com – Dinas Kominfo Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Kegiatan berlangsung di gedung Anawai Ngguluri Kantor Bupati Konut, Senin 13 November 2023.

Sosialisasi dihadiri langsung Bupati Konut, Dr. Ir. H. Ruksamin, Wakil Bupati Konawe Utara H. Abuhaera, Kepala Dinas Kominfo Sultra Dr. M. Ridwan Badallah, S.Pd., MM, Sekda Konut,Kadis Kominfo Konut yang diwakili Sekertaris Syahruddin, SE., MM, serta para kepala OPD dan staf lingkup Pemda Konut.

- Advertisement -

Bupati Konut, Dr. Ir. H. Ruksamin menjelaskan peran dan fungsi PPID penting di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini. Diharapkan dengan terbentuknya PPID disetiap OPD maka pelayanan kepada masyarakat terkait data dan informasi dapat menjadi lebih baik.

“Berbagai macam kegiatan dan program sudah kita laksanakan, untuk itu jadikan PPID ini sebagai sarana dalam memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat, agar tidak ada lagi masyarakat yang mengkonsumsi berita hoax.” ungkap H. Ruksamin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sultra Ridwan Badallah memaparkan tentang bagaimana mengelola PPID. Dimana, masyarakat memiliki hak atas informasi dari Badan Publik.

“Informasi Publik merupakan Informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan diterima oleh Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnya yang sesuai dengan UU Nomor 14 serta informasi yang berkaitan dengan kepentingan public,” paparnya.

Ketua Dojo RB Kominfo Sultra ini menjelaskan, tentang jenis-jenis informasi yang meliputi informasi berkala, serta merta, setiap saat, dan apa informasi yang dikecualikan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi.

“Di era seperti saat ini, keterbukaan informasi public sangat di butuhkan untuk mewujudkan kebutuhan masyarakat akan pemerintahan yang jujur, transparan dan bersih,” jelasnya.

Baca Juga :  Ali Mazi Kepala Daerah dengan Inovasi Terbaik 2020

Ridwan Badallah berharap, dengan diaktifkannya PPID di tiap OPD dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, dan meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas. (adm)

Facebook Comments