Launching Hasil Sensus Pertanian, Andap : Petani Menjaga Keberlangsungan Kehidupan

Pj. Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto
Pj. Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto

KENDARI, Rubriksultra.com – Pj. Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara hadir dalam pembicara utama dalam kegiatan diseminasi dan launching hasil sensus pertanian 2023 (ST2023) yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik Sultra di ruang pola Kantor Gubernur Sultra, Senin 4 Desember 2023.

Kegiatan diawali dengan pemutaran video potensi pertanian Sultra dilanjutkan dengan launching hasil pendataan sensus pertanian 2023 tahap 1 Prov. Sultra oleh Pj. Gubernur Sultra didampingi Ketua DPRD Sultra dan Kepala BPS Provinsi Sultra.

- Advertisement -

Pj. Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto menjelaskan Pemprov Sultra berkomitmen untuk hadir di tengah petani dan terus bergerak untuk meminimalisir dan meniadakan kesulitan yang dihadapi petani. Untuk itu, pendataan sangat penting dalam pengambilan kebijakan yang efektif dan efisien sehingga tepat sasaran.

“Tujuan akhir pertani bukanlah menumbuhkan tanaman, tetapi menjaga keberlangsungan hidup dan kehidupan,” ungkapnya.

Andap juga menekankan kepada bupati dan wali kota di Sultra mengenai lima poin penting pelayanan terhadap para petani. Dimulai dari bibit, modal, sensus pertanian, alat pertanian dan lahan yang tidak diberdayakan.

Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti menambahkan pemerintah pusat melalui Bappenas telah menetapkan visi Indonesia emas 2025 yakni negara nusantara berdaulat, maju dan berkelanjutan melalui pencapaian 5 sasaran utama yang ditargetkan akan dicapai tahun 2045.

Lima target tersebut akan dicapai melalui 8 misi agenda pembangunan, salah satunya tranformasi ekonomi berbagai sektor pertanian.

“Tranformasi ekonomi disektor pertanian melalui peningkatan produktivitas sektor pertanian dan kesejahteraan petani menjadi salah satu kunci untuk mencapai visi Indonesia emas 2045,” ungkapnya.

Data hasil ST2023, lanjut Agnes Widiastuti, akan memainkan peran penting sebagai kebijakan pemerintah dalam melakukan transformasi pembangunan pertanian nasional.

Adapun hasil ST2023 harapannya dapat dimanfaatkan secara luas berbagai pihak sebagai evidence-based dalam siklus perencanaan pembangunan pertanian.

Baca Juga :  Pemprov Sultra Susun ITMP Percepat Pengembangan Pariwisata Wakatobi

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda Sultra, Bupati dan Walikota Se-Sultra, Lanal Kendari, Lanud Haluoleo, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Sultra, Kepala BPS Sultra beserta jajarannya dan pejabat terkait. Kegiatan dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan BPS Sultra Award tahun 2023. (adm)

Facebook Comments