Rasman Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Prioritaskan Delapan Pembangunan Infrastruktur

Dr Muhammad Rasman Manafi
Dr Muhammad Rasman Manafi

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pemkot Baubau mengalokasikan minimal 20 persen untuk sektor pendidikan pada Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah (APBD) tahun 2023. Hal itu bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan sejalan dengan amanat UUD 1945 pasal 31 ayat (4) dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pj Wali Kota Baubau, Dr Muhammad Rasman Manafi, menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam pengelolaan dan pengembangan sektor pendidikan, termasuk penyusunan kurikulum lokal yang inovatif dan relevan.

- Advertisement -

“Pada tahun 2023, Baubau telah mengembangkan 68 kurikulum lokal, menandai peningkatan signifikan di banding tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Program peningkatan fasilitas pendidikan mencakup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), dengan total unit pendidikan mencapai 171.

Upaya ini ditujukan untuk mendukung kualitas pendidikan di Kota Baubau, yang tercermin dari Angka Harapan Lama Sekolah (HLS) yang meningkat. “Kualitas pendidikan akan terus ditingkatkan sebagai fondasi pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif,” tambahnya.

Selain fokus pada pendidikan, pemerintah Kota Baubau juga mengalokasikan anggaran untuk sektor kesehatan dan infrastruktur, selaras dengan UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan UU APBN. Hal ini menunjukkan komitmen Baubau dalam menciptakan keseimbangan pembangunan lintas sektor.

Rasman juga memaparkan delapan program prioritas pembangunan infrastruktur di Baubau, termasuk penataan kawasan Simpang Lima, Stadion Betoambari, Kali Baubau, Ruang Terbuka Hijau Telkom, Lapangan Merdeka, dan revitalisasi Pantai Kamali dan Kotamara. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  DPRD dan Pemkot Baubau Sepakati KUA PPAS APBD 2020