Maksimalkan Pelayanan Air Bersih

BAUBAU, Rubriksultra.com- Air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Di Baubau pelayanan air bersih masih menyisakan begitu banyak masalah khususnya dibeberapa kawasan, air bersih mengalir bahkan hanya satu kali dalam dua minggu.

“Ini fakta, banyak kemudian masyarakat yang mengeluhkan hal ini kepada kami. Masih banyak masalah mengenai pelayanan air bersih ini. Makanya hal ini menjadi program prioritas yang akan kita tuntaskan,” jelas Calon Wakil Wali Kota Baubau nomor urut satu, La Ode Yasin belum lama ini.

- Advertisement -

Jika terpilih Yasin berjanji akan berupaya memperhatikan sumber daya sampai akhirnya air akan mengalir 1×24 jam. Bila Rossy dipercaya, kata dia, maka hal pertama yang akan dilakukan adalah mencoba menginventarisir sumber-sumber mata air.

Selain itu, menata manajemen pengelolaan untuk memaksimalkan kembali peran PDAM Kota Baubau.
“Jika kedua hal ini sudah kuat maka baru setelah itu kita bicara bagaimana air yang sudah diinvetarisisr itu kita turunkan instalasi atau jaringannya. Ini tentu akan kita dekatkan ke masyarakat,” bebernya.

Pasangan Roslina Rahim dan La Ode Yasin juga akan membangun koordinasi dengan PDAM Kabupaten Buton. Komunikasi itu penting agar pelayanan dikawasan yang belum tersentuh betul-betul bisa dimaksimalkan.

“Koordinasi itu kita tingkatkan agar dua lembaga ini bisa jalan secara berbarengan. Tapi harapan kita kedepan bagaimana dua lembaga ini dapat menjadi satu. Saya tidak mengatakan apakah akan menjadi milik kita atau Kabupaten Buton tapi sebisanya pelayanannya bisa menjadi satu. Itu tujuan utama kita sebenarnya,” tukasnya.

Selain beberapa langkah tersebut, Rossy juga akan terus melanjutkan program sambungan rumah (SR). “Program ini khan bantuan dari pusat dan ketika kami masih di DPRD perda mengenai program ini sudah di paripurna hingga 2019 mendatang. Pemerintah Kota Baubau sendiri belum berani menganggarkan itu. Tapi kedepan kita akan menganggarkan program itu melalui APBD, kita akan komunikasikan agar anggaran daerah bisa sharing dengan anggaran pusat untuk memaksimalkan pelayanan air bersih kepada masyarakat,” imbuhnya. (uky)

Facebook Comments
Baca Juga :  Sekda "Buka Pintu" untuk Panwas