Pemkot dan Anggota DPRD Baubau Bantu Pemulangan 57 Warga Asal Ambon

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Sosial dan anggota DPRD Kota Baubau Victor Lawalata membantu pemulangan 57 warga asal Ambon yang sudah lima hari bermalam di seputaran Pelabuhan Murhum Baubau.

Menurut Kadis Sosial Kota Baubau Hanaruddin, S.Sos, M.Si, ke-57 warga asal Ambon Provinsi Maluku tersebut sudah tangani dengan baik oleh Pemkot Baubau melalui Dinas Sosial dengan membelikan tiket kapal laut dari Baubau menuju Ambon.

- Advertisement -

Rencananya kata Hanaruddin, ke-57 warga Ambon Maluku tersebut akan diberangkatkan dengan menggunakan kapal milik PT Pelni Dorolonada pada Kamis23 Mei 2024.

”Alhamdulillah kondisi mereka dalam keadaan sehat semua. Tugas Dinas Sosial memfasilitasi mereka sampai ke embarkasih terdekat,” ujarnya.

Anggota DPRD Viktor Lawalata yang ditemui di Pelabuhan Murhum bersama 57 warga asal Ambon Maluku mengungkapkan, sesama darah Ambon yang lahir dan besar di Baubau merasa terpanggil untuk membantu saudara-saudara yang berasal dari Ambon juga.

Pihaknya bertemu dengan Kepala Dinas Kota Baubau karena ini salah satu tanggung jawab Pemkot Baubau bagi orang-orang yang terlantar. Apalagi terlantarnya bukan karena kesengajaan tapi karena memang ada satu dan lain hal yang mereka juga tidak menyangka akan terjadi seperti ini.

”Akhirnya saya bertemu dengan Kepala Dinas Sosial dan respon beliau sangat luar biasa, tanggap cepat dan langsung minta nama-nama serta kelengkapan lainnya. Ini juga disaksikan oleh pihak Polsek KP3, Pelni, KP3 dan Kelompok M1R karena kita ini memakai anggaran negara juga. Jadi harus benar-benar terdata dan terdokumentasikan dengan baik,” ungkapnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Tahun Ini, Penanganan Covid di Baubau Dianggarkan Rp 19 Miliar