Program “Kedai” Wujudkan Ketahanan Pangan Baubau

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pemkot Baubau menyerahkan bantuan benih sayuran, peralatan dan pengolahan demplot, serta pupuk kegiatan pemanfaatan pekarangan sebagai Kebun Dapur Ibu (Kedai) Tahun 2024 di Aula Kantor Wali Kota Baubau, Sabtu 25 Mei 2024.

Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si yang diwakili Plh Sekda Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si, mengatakan, ketahanan pangan adalah isu menarik yang terus dibahas dalam pertemuan global, sebab merupakan kebutuhan primer dunia.

- Advertisement -

“Berbagai upaya telah dilakukan, untuk terus menemukan solusi dari berbagai permasalahan pangan yang melanda dunia. Dan pangan tak lepas dari sektor pertanian,” ungkapnya.

Ketersediaan pangan merupakan syarat hadirnya ketahanan pangan. Hal itu bisa diwujudkan diantaranya dengan pemanfaatan lahan pekarangan.

Berkaitan dengan hal ini, maka tahun 2021, Pemerintah Kota Baubau, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, mensosialisasikan Kebun Dapur Ibu (KEDAI).
Program ini menitik beratkan keikutsertaan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan guna memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kota Baubau, Reffiani Dwiatmo Rasman, ST.,MT, mengungkapkan, dengan adanya KEDAI, beberapa kebutuhan pangan harian dapat terpenuhi, tanpa perlu ke pasar.

Sehingga pengeluaran keluarga bisa dialihkan pada hal-hal yang lebih prioritas, atau ditabung.

”Amannya dapat, sehatnya dapat, ekonominya dapat, Insya Allah dapat mencegah Stunting, dan menekan laju inflasi,” ujarnya.

Reffiani Dwiatmo Rasman menitip pesan pada Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan agar mengayomi kelompok Kedai. Kepada Camat serta Lurah, untuk mengawal dan memperhatikan kelompok Kedai di wilayahnya masing-masing.

Acara pemberian bibit kepada 43 kelompok Kedai diserahkan oleh Plh. Sekda Kota Baubau La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si dan Ibu Ketua TP PKK Kota Baubau, Reffiani Dwiatmo Rasman, ST, MT.

Baca Juga :  Pemkot Baubau Belum Terpikir Terapkan Kebijakan Seperti Kota Kendari

Pada kegiatan ini juga Pemerintah Kota Baubau memberikan penghargaan kepada beberapa kelurahan yang memperoleh predikat bersih. (adm)

Facebook Comments