Optimalkan Informasi Satu Data

BAUBAU, Rubriksultra.com- Perkembangan teknologi di Kota Baubau tumbuh pesat. Informasipun dengan mudahnya diperoleh warga Kota Baubau.

Kebutuhan akan informasi ini menjadi fokus Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Baubau. Dinas teknis yang mengelola informasi seputar kegiatan pemerintah Kota Baubau ini terus berupaya mengoptimalkan arus lalu lintas informasi satu data dan akurat.

- Advertisement -

“Untuk pengoptimalan informasi tersebut, kepala daerah telah menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) tentang Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID). Perwali ini telah dilayangkan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Baubau,” jelas
Kepala Kominfo Kota Baubau, H. Idrus Taufik Saidi.

Pengelolaan untuk mengatur lalu lintas tentang jalannya informasi dalam SKPD biasanya ditunjuk satu orang. Seperti daerah yang sudah lakukan itu biasanya adalah sekretaris.

“Tapi bolehlah juga sekretaris atau kasubag TU menunjuk seseorang. Harapannya nanti dia terlink di PPID induk yang dikelola oleh kominfo,” tambahnya.

Pria yang akrab disapa Feky ini menilai dengan adanya PPID maka arus lalu lintas informasi dapat dibuat satu data dan akurat. Sehingga semua SKPD diharapkan memiliki website yang terkoneksi di website pemerintah Kota Baubau yang dikelola Kominfo.

“Jika sudah begitu maka informasi kegiatan terupdate akan terus mengalir. Nah, orang boleh masuk ke link ini untuk melihat tapi ini khan kembali ke masing-masing SKPD untuk menyiapkan berbagai macam perangkatnya,” tukasnya. (uky/war)

Facebook Comments
Baca Juga :  Dr Azhari tak Terdaftar di DP4 Pilkada