Rossy Programkan Rumah Sakit Berjalan Disetiap Kelurahan

Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau, Roslina Rahim dan La Ode Yasin

BAUBAU, Rubriksultra.com- Rossy home care menjadi program Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau nomor urut satu, Hj Roslina Rahim-La Ode Yasin. Dengan program ini, masyarakat akan mendapat layanan ambulance gratis 24 jam ditiap kelurahan.

“Jadi Rossy home care ini sebenarnya adalah satu dari sekian banyak program Rossy dibidang kesehatan. Home care ini istilahnya rumah sakit berjalan. Kita punya wilayah ini khan ada wilayah-wilayah belakang yang rasa-rasanya masih agak jauh dari pelayanan kesehatan,” kata Calon Wakil Wali Kota Baubau nomor urut satu, La Ode Yasin.

- Advertisement -

Memang, kata dia, sudah ada puskesmas penyangga ditiap kecamatan tapi masih ada titik-titik daerah yang jauh dari kawasan kesehatan. Yasin mencontohkan Kelurahan Palabusa dimana jauh sekali dari pelayanan. “Lalu Kalia-lia, Kolese, Kolagana lalu Gonda dan beberapa tempat di Kokalukuna,” ulas Yasin.

Mantan Legislator PBB ini mengaku pernah melihat beberapa kasus karena lambatnya pelayanan akses mengantar pasien dari rumah ke tempat pelayanan kesehatan. Terlambatnya penanganan akhirnya berujung pada kematian.

“Orang melahirkan, kecelakaan, orang sakit tiba-tiba. Nah, ini akan kita dekatkan dengan home care yakni ambulance yang akan kita siapkan dengan pelayanan 1×24 jam. Disana ada dokternya stand bay, ada satu orang medis dan ada sopirnya,” tukasnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Baubau lebih dua periode ini mengaku akan menyiagakan minimal 10 mobil ambulance 24 jam di kelurahan. Posisi penempatan mobil ini akan disesuaikan dengan pola wilayah masing-masing.

“Jadi dia stand by untuk semua kelurahan tapi tempatnya sendiri bukan ditiap kelurahan. Misalkan untuk Palabusa sana dia sudah bisa menghendel Tampuna, Kolagana, dan Kampeonaho. Terus untuk Lea-lea kita simpan di Kalia-lia yang juga bisa menghendel Kantalai, Lowu-lowu, dan Kolese. Seperti itu polanya, dan ini berlaku untuk semua wilayah di 8 kecamatan. Istilahnya kita simpan di titik tengah untuk mengakses wilayah sekitarnya,” katanya. (uky)

Facebook Comments
Baca Juga :  Operasi Ketupat, Polres Baubau Siagakan 565 Personil