Pemkot Siapkan Titik Hidran Atasi Kebakaran

BAUBAU- Pemerintah Kota Baubau berencana membangun titik hidran dibeberapa lokasi yang dianggap rawan terjadi kebakaran. Hidran ini dipersiapkan agar memudahkan petugas pemadam kebakaran mengisi pasokan air untuk membantu memadamkan api.

“Iya, hidran ini sudah kita rencanakan akan ditambah di tahun 2018 mendatang. Untuk titiknya sendiri saat ini kita masih identifikasi,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Baubau, Meizah Tamsir di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

- Advertisement -

Mantan Asisten II Setda Kota Baubau ini mengaku ditahun 2017, baru satu titik hidran yang dipersiapkan. Hidran itu saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

“Sebenarnya hidran ini sudah kita mulai tahun 2017 ini. Tepatnya berada di depan kantor Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Baubau,” bebernya.

Hidran tersebut berbentuk bak penampungan ukuran 3,5×7 meter. Dengan daya tampung kurang lebih 10 unit mobil tangki.

Selain berfungsi sebagai pengisian pasokan air bagi pemadam kebakaran, hidran di depan Dinas PUPR Kota Baubau juga digunakan sebagai cadangan air untuk taman. Artinya, hidran ini berfungsi ganda.

“Hidran yang akan kita bangun dibeberapa titik ini nantinya sebisanya dibawah taman kota. Jadi kita harapkan berfungsi ganda. Intinya selain ada nilai estetika juga ada nilai sosial,” ujarnya.

Mengenai pengisiannya, Meizah Tamsir mengaku akan mengontrol terus menenerus dengan berkoordinasi dengan PDAM Kota Baubau. Koordinasi itu diperlukan agar tidak terjadi kekosongan hidran pada saat diperlukan. (sumber: Kepton Pos)

Facebook Comments
Baca Juga :  DPS Pemilu 2019 di Wakatobi Naik 1.849