Safari Ramadan di Pulau Kapota, Arhawi Himbau Warga Aktifkan TPA

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), H Arhawi SE, mengajak masyarakatnya untuk memperkenalkan baca tulis Al Qur’an kepada anak-anak usia dini.

Ajakan orang nomor satu di daerah destinasi pariwisata Indonesia itu cukup beralasan. Pemkab Wakatobi sudah memperlakukan peraturan daerah (Perda) Nomor 14 Tahun 2012 tentang baca tulis Al Qur’an.

- Advertisement -

“Perda Nomor 14 Tahun 2012, tentang baca tulis Al Qur’an sudah diberlakukan. Sehingga bapak dan ibu agar memperkenalkan kepada anak-anak kita sejak dini,” ungkap Arhawi, saat safari ramadhan di Pulau Kapota, Rabu (13/6/2018).

Kata Arhawi, ketika anak-anak usia dini sudah diperkenalkan baca tulis Al Qur’an, maka saat masuk bangku sekolah sudah dapat menyesuaikan. “Kalau diajarkan baca tulis Qur’an sejak sekarang, maka ketika masuk sekolah sudah bisa beradaptasi,” katanya.

Masyarakat dan tokoh agama dihimbau untuk mengaktifkan Tempat Pengajian Al Qur’an (TPA). Karena dengan mengaktifkan TPA akan memudahkan anak-anak bahkan masyarakat yang telah dewasa untuk mempelajari baca tulis Al Qur’an.

Menurut Arhawi, belajar tulis Al Qur’an sangat penting sebagai umat muslim. Sehingga saat melangsungkan kegiatan yang berhubungan dengan ajaran agama Islam, bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Dengan menguasai baca tulis Al Qur’an, maka orang dewasa yang akan melangsungkan pernikahan bisa menghafal ayat-ayat pendek. Dan tidak kesulitan dalam menjalankan rutinitas kaitannya dengan ajaran Islam,” himbau Arhawi. (***)

 

 

 

Peliput: : Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  354 Caleg di Buton Lolos DCT