Rp 15 Miliar Tangani Jalan Provinsi di Busel

BATAUGA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) akan memfokuskan pembangunan jalan di enam Kecamatan di Busel pada tahun anggaran 2018. Perencanaan pembangunan telah dilakukan sejak perubahan anggaran (APBD Perubahan) 2017.

Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Busel, Heli Muhamad Nur, melalui kepala Bidang Bina Marganya, Iwan Mulyawan mengatakan, kegiatan perencanaan jalan per-Kecamatan di Busel untuk tahun 2018 sudah dilaksanakan dianggaran perubahan daerah tahun 2017.

- Advertisement -

Kata dia, dalam perencanaan tersebut memuat beberapa item yakni peningkatan jalan, pembukaan dan pemeliharaan jalan.

Untuk peningkatan, lanjutnya, panjang keseluruhan yakni 48.760 meter. Sedang untuk pembukaan sekitar 2,9 kiometer. Kemudian untuk pemeliharaan sepanjang 12,44 kilometer.

“Insya Allah, kalau bukan Januari, februari 2018, fisiknya sudah bisa eksen,” kata Iwan, ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Selain jalan lingkungan, tambahnya, Pemda juga membenahi beberapa ruas jalan yang berstatus jalan Provinsi dengan menggunakan Dana Alokasi Kusus (DAK) daerah sebesar lebih dari Rp 15 miliar sepanjang lebih dari 9 kilometer yang menghubungkan antara Kecamatan Sampolawa dan Kecamatan Batauga.

“Kalau dalam SKnya ini disebut poros 77 kecamatan Batauga-Sampolawa. Itu sekitar 5 km masuk di Kecamatan Batauga dan 4,7 Km masuk dalam wilayah Sampolawa dengan total anggaran lebih dari Rp 15 miliar,” tambahnya.

Sesuai dengan perencanaan, aspal yang digunakan adalah Ready Mix Asphalt (RMA). Ini dilakukan mengingat jalan tersebut merupakan kewenangan pemerintah provinsi. Namun jalan merupakan kebutuhan mendasar masyarakat, Pemda tak tanggung-tanggung mengucurkan anggaran daerah.

“Lebarnya ini disesuaikan dengan kondisi jalan yang ada 6 sampai 8 meter. Ini untuk daratan,” imbuhnya. (sumber: Kepton Pos)

Facebook Comments
Baca Juga :  Bukit Wansona Butur Sulit Dilewati