Cuaca Buruk, Empat Pesawat Batal Mendarat di Kendari

KENDARI, Rubriksultra.com – Cuaca buruk melanda wilayah Sultra berdampak pada layanan transportasi udara di Bandara Haluoleo Kendari. Akibat hujan deras yang terus mengguyur Kota Lulo, Senin 25 Juni 2018, empat pesawat dinyatakan batal mendarat di bandara berstatus enclave sipil itu.

Demi keselamatan penumpang, maskapai penerbangan Lion Air dan Garuda Indonesia (GIA) memilih mengalihkan sementara pendaratan pesawat ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

- Advertisement -

Pada Inilahsultra.com, Kepala Bandara Haluoleo Kendari, Rudi Richardo mengkonfirmasi data maskapai pesawat yang batal mendarat di Bandara Haluoleo hari ini.

Empat rute penerbangan yang gagal mendarat sesuai jadwal masing-masing Lion Air JT 725 rute Jakarta-Kendari. Pesawat ini harusnya landing sekitar pukul 10 pagi, tapi terpaksa kembali berputar ke gerbang udara Kota Makassar lantaran jarak pandang yang rendah akibat kabut dan hujan. Pesawat itu baru bisa landing di Bandara Haluoleo pukul 14.10 WITA.

Disusul Lion Air JT 998 rute Makassar-Kendari. Schedule awal pesawat ini landing sekitar pukul 10:10 WITA. Namun cuaca buruk di kawasan Bandara Haluoleo membuat pesawat ini Return to Base (RTB) ke Makassar. Para penumpang pesawat ini akhirnya tiba selamat di Kendari pukul 13.35 WITA.

Berikutnya adalah pesawat Garuda Indonesia GA 604 rute Makassar-Kendari dengan schedule landing Pukul 10:45 WITA. Lagi-lagi, pendaratan pesawat dialihkan sementara ke bandara Makassar karena cuaca buruk. Setelah delay hampir lima jam, pendaratan di Bandara Haluoleo baru bisa dilakukan pukul 15.32 WITA.

Terakhir, pesawat Lion Air JT 986 rute Makassar-Kendari. Seyogyanya pesawat ini sudah berada di Bandara Haluoleo sejak pukul 13.38 WITA. Terjadi pengalihan lokasi pendaratan ke Bandara Makassar. Hingga berita ini dirilis, belum ada konfirmasi pukul berapa awak penumpang pesawat Lion Air tersebut tiba di Kendari.

Baca Juga :  Mobil Avanza Terbakar di MTQ Kendari

Pengalihan lokasi pendaratan pesawat di Bandara Haluoleo berefek pada schedule penerbangan lain. Sejumlah rute mengalami delay cukup lama diantaranya Lion Air JT 729 rute Kendari-Jakarta, Lion Air JT 993 rute Makassar-Kendari dan GA 605 rute Makassar-Kendari. (adm)

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Inilahsultra

Facebook Comments