Panwas Baubau : Tiga Paslon Diduga Terlibat Money Politik

“Bukan hanya satu paslon ya. Kalau tidak salah itu ada tiga paslon dari lima laporan ini. Karena ini sementara berproses kami tidak bisa sebutkan secara detail, yang jelas memang betul ada informasi seperti itu,” M. Yusran Elfargani

BAUBAU, Rubriksultra.com- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Baubau hingga hari ini telah menerima lima laporan dugaan praktek bagi-bagi duit atau money politik. Lima laporan ini diduga dilakukan tim sukses (Timses) dari tiga pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau periode 2018/2023.

Ketua Panwaslu Kota Baubau, M. Yusran Elfargani mengatakan lima laporan tersebut diterima sejak Senin (25/6/2018) sekira pukul 17.00 wita. Sedang laporan kelima diterima pukul 22.00 wita.

- Advertisement -

“Jadi memang benar ada laporan terkait dugaan bagi-bagi uang yang dilakukan beberapa paslon kepada kami. Laporan itu masuk kepada kami sejak kemarin dan diterima di sentra Gakumdu karena dugaan bagi-bagi uang itu khan pidana pemilihan. Jadi sesuai regulasinya maka yang menerima itu adalah kami lembaga pengawas didampingi lembaga penyidik dari kepolisian dan kejaksaan,” kata M. Yusran Elfargani saat memantau distribusi logistik di gudang logistik KPUD Kota Baubau, Selasa (26/6/2018).

Kata dia, dari lima laporan ini tiga diantaranya telah dinyatakan lengkap baik syarat formil dan materilnya. Sedang dua lainnya masih diminta untuk dilengkapi.

“Rata-rata sudah punya bukti yang kuatlah dan hampir lengkap. Kami berani menindaklanjuti itu kalau buktinya kuat dan memenuhi syarat formil dan materil. Barang buktinya sudah ada dalam bentuk uang dan bukti video, kisaran uangnya sendiri bervariasi ada yang Rp 200 sampai Rp 300 ribu,” katanya.

Dari lima laporan ini, lanjut Yusran, diduga dilakukan tiga pasangan calon. Wilayah laporannya muncul dari beberapa wilayah namun yang pastinya salah satu laporan berasal dari wilayah Kecamatan Batupoaro.

Baca Juga :  Muna Diguncang Gempa

“Bukan hanya satu paslon ya. Kalau tidak salah itu ada tiga paslon dari lima laporan ini. Karena ini sementara berproses kami tidak bisa sebutkan secara detail, yang jelas memang betul ada informasi seperti itu,” tukasnya. (adm)

 

 

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments