Gerhana Bulan di Baubau Diprediksi tak Sempurna

BAUBAU, Rubriksultra.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membagi empat zona di Indonesia untuk mengamati fenomena gerhana bulan yang diprediksi akan terjadi Sabtu (28/7/2018) dini hari. Khusus wilayah Baubau, proses gerhana bulan diprediksi tidak dapat dilihat sempurna.

Kepala BMKG Kota Baubau, Natsir menjelaskan gerhana bulan yang terjadi 2018 ini merupakan gerhana bulan terlama sepanjang sejarah. Range waktu gerhana bulan totalnya saja bahkan mencapai 103 menit.

- Advertisement -

“Itu untuk proses gerhana bulan totalnya saja. Tapi proses dari awal gerhana mulai terjadi pada pukul 00.13 WIB dan berakhir hingga pukul 06.30 WIB. Artinya proses keseluruhan ada enam jam 17 menit,” terang Natsir ditemui di kantornya, Jum’at (27/7/2018).

Natsir mengurai empat zona amatan yang diklasifikasikan oleh BMKG. Zona amatan pertama di Banda Aceh, Medan dan Padang Panjang. Gerhana bulan di zona ini bisa teramati dari awal hingga akhir.

Zona kedua difokuskan di Kepahiang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Karangkates, Denpasar, dan Waingapu. Di zona ini, gerhana bulan teramati sampai pada gerhana bulan sebagian berakhir.

Zona ketiga difokuskan di Makassar, Gowa, Palu, Manado, Kupang, Ambon, dan Ternate. Di zona ini gerhana bulan hanya teramati dari awal sampai gerhana total berakhir.

Zona keempat difokuskan di Jayapura. Dizona ini gerhana bulan teramati dari awal sampai pada puncak gerhana saja.

“Baubau itu masuk zona tiga. Memang tidak sampai akhir gerhana dapat kita amati. Tapi gerhana puncaknya kita bisa lihat,” jelasnya.

Mengenai kondisi awan pada moment krusial itu, Natsir belum bisa memberi prediksi. Namun Ia berharap kondisi awan pada saat gerhana bulan sampai pada puncaknya tidak mengganggu moment bersejarah itu.

“Mudah-mudahan saja cerah, sebab saat ini diwilayah Kota Baubau masih normal. Tapi kita tidak tahu, karena cuaca bisa saja berubah sewaktu-waktu,” tandasnya. (adm)

Baca Juga :  30 Tahun Menabung, Pedagang Ikan Asin di Baubau Naik Haji

Berikut waktu proses gerhana dari awal hingga akhir:
1. Gerhana mulai (P1) pukul 00.13 WIB.
2. Gerhana sebagian mulai (U1) pukul 01.24 WIB
3. Gerhana total mulai (U2) pukul 02.30 WIB
4. Puncak gerhana pukul 03.22 WIB
5. Gerhana total berakhir (U3) pukul 04.13 WIB.
6. Gerhana sebagian berakhir (U4) pukul 05.19 WIB
7. Gerhana berakhir (P4) pukul 06.30 WIB.

 

Peliput : Sukri Arianto
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments