Wisatawan Asing Terpikat Festival Pesona Budaya Tua Buton

Wisatawan asing menari bersama penari kolosal dalam Festival Budaya Tua Buton. (Foto Dok)

PASARWAJO, Rubriksultra.com – Festival Pesona Budaya Tua Buton 2018 bukan hanya menjadi daya tarik bagi masyarakat Kepulauan Buton (Kepton) dan daerah lain di Indonesia, namun event nasional tersebut juga berhasil menjadi magnet bagi para wisatawan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buton, Zainuddin Napa mengatakan, sejak 16 Agustus lalu hingga Jum’at 24 di teluk Pasarwajo Kabupaten Buton sedikitnya sudah 33 kapal yacth yang berlabuh. Targetnya hingga 26 Agustus nanti 70an kapal.

- Advertisement -

“Datangnya itu sejak 16 Agustus lalu dan hari ini sudah 33 kapal yang berlabuh karena hampir setiap hari mereka itu datang, ” kata Kepala Dispar Buton, Zainuddin Napa saat ditemui dikantornya, 24 Agustus 2018.

33 kapal tersebut datang dari berbagai negara seperti Prancis, Kanada, Amerika, dan Australia . Tujuannya untuk menyaksikan Festival Pesona Budaya Tua Buton yang sudah dilaksanakan selam enam tahun beruntun.

“Tradisi Buton Memperkuat Pesona Indonesia ini dapat mendorong perekonomian daerah. Kita juga diuntungkan teluk yang bagus yang membuat kapal berlama-lama untuk berlabuh, jadi semakin lama dia tinggal maka semakin bagus. Jadi selama 10 hari disini mereka jalan-jalan sehingga dapat menambah perputaran perekonomian di sini,” ujarnya. (adm)

Laporan : Mimin
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Kemenpar Hadiri Festival Pesona Budaya Tua Buton