Kelurahan Palabusa jadi Wakil Baubau di P2WKSS

BAUBAU, Rubriksultra.com – Kelurahan Palabusa didaulat mewakili Kota Baubau dalam ajang lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Sultra 2018. Sedikitnya 106 rumah binaan diujung utara Kota Baubau ini akan disulap menjadi rumah sehat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Baubau, Wa Ode Soraya mengatakan penetapan 106 rumah binaan tersebut telah melalui verifikasi sebelumnya. Keseluruhan rumah binaan ini telah dibagi agar menjadi perhatian seluruh instansi pemerintah.

- Advertisement -

“Pembagian melalui rapat beberapa waktu lalu. Setiap instansi pemerintah sudah mendapat jatah untuk menyiapkan rumah binaan yang terdata sesuai dengan syarat rumah sehat sebagai syarat penilaian lomba,” katanya.

Wa Ode Soraya menjelaskan setiap instansi tidak mesti membedah rumah binaan tersebut. Minimal, kata dia, mempersiapkan rumah binaan agar masuk kategori rumah sehat.

“Rumah sehat itu khan salah satunya harus memiliki MCK yang bersih dan sehat. Kalau belum ada, maka instansi minimal membantu warga untuk bekerja bersama membangun itu,” tukasnya.

Saat ini, kata dia, persiapan terus dilakukan. Jika tak ada aral melintang, penilaian akan dilaksanakan pada Oktober 2018 mendatang.

Dalam ajang ini, pemerintah Kota Baubau tidak mengejar juara. Minimal tidak, perilaku hidup sehat dapat tertanam dikehidupan bermasyarakat dengan keikutsertaan ini.

“Juara memang perlu, sedapatnya bisa juara. Tapi itu bukan menjadi tujuan utama kita. Target kita itu tadi, sedapatnya perilaku sehat bisa tertanamkam dimasyarakat,” tandasnya. (adm)

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Lokasi Tes CPNS di Baubau Dipindahkan