Asman Hamdi : PGRI Harus Bersatu

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) Asman Hamdi, meminta semua guru untuk bersatu memupuk solidaritas sehingga guru terhindar dari perlakuan diskriminasi dan intervensi pihak-pihak tertentu.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri malam ramah tamah olah raga persahabatan antara PGRI Kecamatan Tomia dan Binongko beberapa waktu lalu.

- Advertisement -

“PGRI adalah sebuah lembaga independen yang terlahir dari bawah ke atas. Saat jaman penjajahan dinamakan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Saat itu PGHB yang telah berubah menjadi PGRI ikut bersama berjuang merebut kemerdekaan,” ungkap Asman Asman Hamdi.

PGRI lanjut Asman Hamdi, terbangun atas persamaan rasa dan nasib sepenanggungan. Sehingga bentuk-bentuk perlakuan diskriminasi dan intimidasi terhadap guru harus dihapus.

“PGRI harus kompak sehingga bentuk diskriminasi dan intimidasi tidak terjadi lagi dikalangan anggota PGRI,” ucapnya.

Untuk melegitimasi perlawanan dalan perlakuan diskriminasi dan intimidasi, Asman Hamdi, menyebut jika telah membuat Kerja sama (MoU) dengan pihak Kepolisian. Dengan harapan anggota PGRI berhak mendapatkan hak pembelaan hukum jika terjadi perlakuan yang melanggar otoritas PGRI.

“Untuk diketahui, PGRI telah membuat MoU dengan pihak Kepolisian. Fungsinya, agar guru bisa mendapatkan perlindungan hukum jika terjadi hal-hal yang melanggar otonomi anggota PGRI,” ujar Ketua PGRI Wakatobi.

Asman Hamdi, pada kesempatan itu juga menyarankan pengurus PGRI ditingkat kecamatan untuk berafiliasi dengan lembaga lain di wilayah masing-masing. Dengan harapan bisa memperkuat posisi PGRI.

Pengurus PGRI Kabupaten Wakatobi saat ini sedang merancang kerjasama dengan salah satu lembaga non pemerintah. Salah satu yang diperjuangkan persoalan kesejahteraan guru honorer.

“PGRI Wakatobi saat ini sedang merancang kerjasama dengan lembaga donatur luar negeri. Untuk memperjuangkan guru honorer sehingga penghasilannya bisa setara dengan gaji pokok guru PNS,” tutupnya. (adm)

Baca Juga :  Baubau Komitmen Pertahankan Predikat Kota Sehat

 

Peliput: Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments