Disdukcapil Baubau “Diserbu” Pelamar CPNS

BAUBAU, Rubriksultra.com – Dua pekan sudah petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau dibuat kewalahan. Sedari pagi hingga sore hari, instansi yang khusus melayani data kependudukan ini dipadati warga.

Padatnya aktifitas di kantor pelayanan pemerintah daerah ini merupakan imbas dari informasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Pengesahan berkas seperti e-KTP, Kartu Keluarga (KK) maupun aktifasi e-KTP menjadi sasaran calon abdi negara ini.

- Advertisement -

Kepala Disdukcapil Kota Baubau, H. Sahirun mengaku sangat kewalahan dengan tingginya animo masyarakat ini. Ia mengaku kondisi ini sudah terjadi sejak dua pekan terakhir.

“Kebanyakan masyarakat datang untuk meminta pengesahan KTP dan KK. Selain itu untuk mengaktifkan e-KTP mereka. Khan berkas ini sebagai salah satu kelengkapan pendaftaran CPNS,” kata H. Sahirun ditemui di kantornya, Jum’at 21 September 2018.

H. Sahirun mengaku tidak mengetahui secara persis berapa jumlah masyarakat yang datang tiap harinya karena petugas tidak sempat mendata satu persatu. Kendati begitu, Ia memprediksi lonjakan pelayanan meningkat hingga enam kali lipat dibanding hari biasanya.

Meski kewalahan namun Ia mewanti agar petugas memberikan pelayanan prima. Ia juga menghimbau agar masyarakat mengerti kondisi ruangan perkantoran serta para petugas.

“Pelayanan kita upayakan semaksimal mungkin. Sebisanya kita saling mengertilah antara petugas dan masyarakat. Ciptakanlah suasana yang nyaman dan kondusif dalam pengurusan berkas ini,” katanya.

Selain untuk keperluan berkas CPNS, banyak juga masyarakat yang datang untuk membuat e-KTP. Pemohon pembuatan KK juga lumayan banyak.

Masril, warga Kelurahan Waruruma kepada Rubriksultra.com disela-sela antrian mengaku mendatangi kantor Disdukcapil untuk memperoleh pengesahan KTP dan KK. Berkas ini akan Ia gunakan untuk keperluan pendaftaran CPNS 2018.

Baca Juga :  Mahasiswa Asal Baubau Meninggal Tertimpa Longsor

“Informasinya sih begitu (KTP dan KK harus disahkan,red). Makanya saya dengan beberapa teman-teman lain datang untuk itu,” katanya sambil tersenyum.

Lina, warga Kelurahan Kobula juga senada. Pengesahan KTP dan KK juga menjadi incarannya.

Ditanya mengenai pelayanan, Lina mengaku puas. Kata dia, pelayanan untuk pengesahan berkas KTP dan KK tidak membutuhkan waktu yang lama.

“Cepat sih, nda lama. Hanya menyetor saja sama petugas dan ditunggu sebentar. Jadi dech,” selorohnya. (adm)

 

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments