Khotbah Kepala KUA Wolio Disoal

BAUBAU- Lagi-lagi kegiatan keagamaan dibalut dengan politik. Kali ini, jamaah solat Jum’at Masjid Jami Sulaiman Al-Munawar Kelurahan Batulo, Jum’at (05/01), dihimbau untuk memilih salah satu bakal calon Walikota Baubau 2018-2023, yang juga Walikota Aktif AS Tamrin.

Ketgam: Kepala KUA Woli, Jamal SAg Saat membawakan Ceramah di masjid Batulo, jumat (5/1)

Himbauan politik tersebut disampaikan oleh khatib yang membawakan ceramah agama saat menggelar salat Jum’at, Jamal,S.Ag, yang juga diketahui sebagai Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Wolio.

- Advertisement -

Saat dikonfirmasi dikediamannya, Jum’at (05/01) malam, Jamal mengatakan bahwa himbauan tersebut bukanlah kampanye politik.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa ia tak terlalu memahami peraturan adanya larangan menggunakan tempat ibadah untuk kegiatan politik.

“Saya tidak terlalu paham dengan itu. Maaf, saya tidak bisa mengkalirifikasi hal ini,” pungkasnya.

Sementara itu, ditempat terpisah, Sekretaris pengurus Masjid Jami Sulaiman Al-Munawar Batulo, Mansur, mengungkapkan, pihaknya sangat terkejut dengan isi ceramah agama yang dibawakan oleh khatib saat solat Jum’at tersebut.

“Saya kaget dengan isi ceramah tersebut. Karena materi yang kami siapkan bukan tentang politik, namun tentang nikah sirih dalam agama Islam. Saya sendiri yang menyusun jadwal kegiatan dimasjid ini,” tegasnya.

Ditambahkan, awalnya memang khatib membawa tentang nikah sirih, namun hanya beberapa saat saja. Isi ceramah kemudian dibawakan khatib dengan konsepnya sendiri, yang berisikan tentang politik.

“Memang isi ceramah yang dibawakan berisikan tentang pemerintah kota, tentang peralihan pemerintahan, mengarah ke politik. Doanya juga menjurus kesitu, namun bila ingin mengetahui secara detilnya bisa hubungi ketua panitia salat Jum’at,” pungkasnya.(***)

Facebook Comments
Baca Juga :  Tak Lama Lagi Bebas, Napi di Baubau Kabur