Pemda Diminta Mandiri Secara Keuangan

BAUBAU, Rubriksultra.com – Kepala Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra, Ririn Kadariyah membeberkan hampir seluruh daerah di Sultra memiliki ketergantungan dana transfer dari pemerintah pusat. Rasio ketergantungan itupun diakui masih sangat tinggi.

“Hampir semuanya diatas 90 persen, bahkan ada kabupaten, rasio ketergantungan dana transfer dari APBN itu bahkan mencapai 99,95 persen,” kata Ririn Kadariyah usai menyerahkan piagam opini WTP kepada lima kepala daerah di Sultra saat upacara HUT Baubau, kemarin.

- Advertisement -

Atas ketergantungan ini, Ia meminta kepada daerah di Sultra untuk mandiri secara keuangan. Hal itu penting agar rasio ketergantungan terhadap pemerintah pusat bisa semakin menurun.

Selain itu, Ia menitip pesan agar dana APBN yang sudah ditransfer ke kabupaten/kota dapat dikelola dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu harapan untuk meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, pariwisata dan sebagainya bisa diwujudkan.

“Kami menyampikan pesan dari Menteri Keuangan, bahwa kita tidak boleh berpuas diri hanya dengan WTP saja. Opini WTP itu baru merupakan langkah awal dari pengelolaan keuangan yang baik. Tetapi muara dari semua itu adalah kesejahteraan rakyat. Jangan lengah, agar semua catatan BPK mengenai pengelolaan keuangan tidak terulang lagi di tahun mendatang,” katanya. (adm)

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Golkar Wakatobi Hanya untuk Arhawi