Ratusan Ibu Hamil di Wakatobi Nikmati Program Jampersal

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memberikan kemudahan kepada masyarakat tidak mampu khususnya ibu hamil yang akan melahirkan.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Wakatobi, Muliadin SKm, MKes melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Rosmina SKM.MKes, mengungkapkan program jaminan persalinan (Jampersal) yang diperuntukkan kepada pasien ibu hamil yang tak memiliki kartu BPJS dan kartu kesehatan lainnya.

- Advertisement -

Dalam pelaksanaan program itu membuka atau mempersiapkan rumah tunggu kelahiran (RTK) dibeberapa Puskesmas. Namun jika pihak Puskesmas mengalami hambatan dalam penanganannya seperti minimnya fasilitas maka pihak Puskesmas bisa memberikan rekomendasi rujukan.

“Jika Puskesmas yang telah disiapkan RTK minim fasilitas. Maka pihak Puskesmas bisa memberikan rekomendasi rujukan ke RSUD Wakatobi. Karena kita telah membuat MoU dalam penanganannya,” jelas Rosmina.

Sejauh ini, lanjut Rosmina, pihaknya telah melakukan pelayanan kepada ratusan masyarakat khususnya ibu hamil untuk proses persalinan.

“Sampai bulan November 2018 ini kita sudah melakukan pelayanan Jampersal sebanyak 72 orang ibu hamil. Untuk tahun 2017 lalu, ada sekitar 80 orang lebih,” tutup Rosmina. (adm)

Peliput: Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Kemendagri Blokir Server E-KTP Wakatobi