Sebelumnya Hanya Kumpulkan Rp 200 Juta, Tahun Ini PAD Dishub Baubau Ditarget 1,2 Miliar

BAUBAU, Rubriksultra.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan nilai yang cukup fantastis 2019 ini. PAD yang ditarget mencapai Rp 1,2 miliar.

“Target PAD kita (Dishub) lebih dari Rp 1 miliar. Kalau tidak salah Rp 1,2 miliar,” ulas Plt Kepala Dishub Baubau, Wahyu dikantornya, Kamis 28 Februari 2019.

- Advertisement -

Kata dia, PAD 2019 ini naik dua kali lipat dibanding 2018 lalu. Sebelumnya PAD hanya ditarget senilai Rp 600 juta.

Kendati begitu, PAD 2018 lalu tak dicapai sesuai target. Dishub Baubau hanya berhasil membukukan PAD Rp 200 juta saja.

Tak terpenuhinya target PAD 2018 lalu dikarenakan sejumlah item perda retribusi seperti retribusi parkir tepi jalan umum, parkir khusus, parkir terminal, retribusi kepelabuhanan dan retribusi uji kendaraan bermotor belum direvisi. Alhasil, petugas merasa was-was untuk memungut retribusi.

Namun tahun ini seluruh perda tersebut telah direvisi dan disosialisasikan sejak November 2018 lalu. Per 1 Januari, seluruh perda itu telah dioperasionalkan dilapangan.

“2018 kita kendalanya tak ada perda. Jadi Rp 200 juta PAD hanya datang dibeberapa sektor saja seperti tambatan kapal dipelabuhan rakyat dan retribusi bongkar muat. Insyaallah tahun ini sudah bisa karena semua perda retribusi sudah operasional. Kita tetap optimislah,” katanya. (adm)

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Karang Taruna Murhum Apresiasi Sarasehan Kominfo