900 Ribu Penduduk Kepton Sudah Kantongi BPJS

BAUBAU, Rubriksultra.com – Kinerja dan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Baubau cukup berhasil saat ini. Tercatat hingga akhir Desember 2018, sedikitnya 900 ribu penduduk se- Kepulauan Buton (Kepton) sudah terdaftar di BPJS dan mengantongi kartu JKN-KIS.

Mantan Kepala BPJS Cabang Baubau, Tutus Novita Dewi mengatakan 900 ribu jumlah penduduk yang terdata itu merupakan akumulasi dari delapan daerah cakupan wilayah kerja BPJS Cabang Baubau. Delapan daerah itu diantaranya Baubau, Buton, Butur, Busel, Buteng, Wakatobi, Muna, dan Muna Barat.

- Advertisement -

Jumlah ini, kata dia, sudah mencapai 98 persen penduduk Kepton. Dimana tujuh daerah diantaranya sudah hampir 100 persen telah terdaftar.

“Kalau yang belum terdaftar itu tinggal sekitar 50 ribuan penduduk. Buteng yang paling besar (belum terdaftar) sedang lainnya tak sampai tak sampai angka itu,” kata Tutus saat pisah sambut kepala BPJS baru dengan insan pers di Baubau beberapa waktu lalu.

Tutus yang baru saja dipindahtugaskan di kantor BPJS Cabang Banjarmasin menilai sisa penduduk yang belum terdaftar merupakan penduduk baru yang belum melengkapi identitas diri. Sebab jika tak ada identitas maka kepesertaan tak dapat diterbitkan.

“Data ini juga kita masih konekkan di kementerian karena kita pake data 2018 lalu,” katanya.

Khusus Kota Baubau, Tutus Novita menjelaskan peserta hingga Desember 2018 lalu sudah mencapai lebih dari 120 ribu penduduk. Sama seperti sebelumnya, sisa penduduk yang belum terdaftar diasumsikan merupakan penduduk baru yang belum melengkapi identitas dirinya. (adm)

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Ketua DPRD Orang Pertama yang Divaksin di Baubau