Arhawi Beberkan Pencapaian Pembangunan Saat Musrembang

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Musrenbang sebagai rujukan pemerintah atas kebijakan program satu tahun ke depan. Hal itu diungkapkan Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) H Arhawi SE saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Binongko dan Togo Binongko, Rabu (6/3/2019).

Arhawi menegaskan usulan musrambang tidak bisa lagi dilakukan perubahan ataupun menitipkan program di luar hasil Musrenbang.

- Advertisement -

“Hasil Musrenbang ketika sudah masuk dalam rencana kerja daerah maka tidak bisa lagi dirubah maupun penitipan dari lembaga mana pun. Pemerintah tinggal memilah mana program prioritas yang bisa dibiayai APBD dan mana program yang bisa dibiayai desa melalui ADD dan DD,” ungkap Arhawi.

Dalam kesempatan itu, Arhawi membeberkan keberhasilan program fisik dan pemberdayaan yang terimplementasi disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Diantaranya pembangunan jalan hotmix dalam ibu kota, peningkatan dermaga Marina dan dermaga lainnya. Begitu pula program pemberdayaan seperti UMKM bersinar, kesehatan gratis dan masih banyak lagi.

Sebagian keberhasilan program itu bersumber dari APBN, namun berkat kerja keras pemerintah dan seluruh masyarakat Wakatobi yang meyakinkan pemerintah pusat guna menggelontorkan anggaran puluhan milyaran di Wakatobi.

“Diantara sebagian keberhasilan pembangunan selama dua tahun ini bersumber dari pusat. Namun tidak datang dengan sendirinya, melainkan butuh kerja keras pemerintah yang mendapat dukungan penuh masyarakat Wakatobi,” tutup Arhawi. (adm)

Peliput : Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  80 ASN di Wakatobi Dilatih Etika Keprotokolan