Arusani Instruksikan Bentuk Forum Satu Data Indonesia

95
Pose bersama usai sosialisasi Satu Data Indonesia, di Baruga Buton Selatan, Kamis 11 November 2021. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani mengintruksikan pembentukan Forum Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Busel. Forum ini sebagai tindak lanjut kebijakan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

La Ode Arusani menjelaskan, kebijakan Satu Data Indonesia (SDI) merupakan upaya pemerintah dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah. Kebijakan ini bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data bagi masyarakat.

“Melalui penyelenggaraan SDI, pemerintah dapat mengumpulkan data dalam satu pintu yang akurat, mutakhir, terpadu, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah,” kata La Ode Arusani diwakili Asisten III, saat membuka sosialisasi Satu Data Indonesia, di Baruga Buton Selatan, Kamis 11 November 2021.

Kata dia, pelaksanaan sosialisasi ini sangat penting dalam rangka meningkatkan pemahaman bagi unsur pejabat teknis yang mengelola data dan informasi di lingkungan Pemkab Busel sehingga sistem informasi data yang terintegrasi dapat terwujud.

Dikatakan, kebijakan terkait satu data Indonesia menuntut dibentuknya forum Satu Data Indonesia baik tingkat pusat, provinsi serta daerah. Olehnya, Kabupaten Busel ke depannya akan membentuk forum satu data yang akan menjadi wadah komunikasi dan koordinasi daerah untuk penyelenggaraan Satu Data Indonesia.

“Sebagai langkah awal dalam mewujudkan program Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Buton Selatan, maka perlu adanya komitmen dari seluruh OPD sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dalam pengelolaan data,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Sengketa Pulau Kawia-Wia Disidang 6 November