AS Tamrin : Pancasila Pemersatu Bangsa

93
Dr AS Tamrin

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin mengajak seluruh elemen agar menjadikan pancasila sebagai landasan kehidupan bermasyarakat. Sebagai filosofi dan alat pemersatu bangsa.

Hal itu Ia ungkapkan usai menjadi Inspektur upacara (Irup) memperingati hari Kesaktian Pancasila yang digelar di halaman kantor Wali Kota Baubau, Selasa 1 Oktober 2019.

Kata Dr AS Tamrin, pancasila memiliki makna dalam berbagai spek kehidupan. Bila ditilik dari aspek moral, pancasila sangat terkait dengan tata krama dan tingkah laku.

“Kalau dikaji dalam aspek sosial kemasyarakatan maka pancasila adalah pemersatu. Kita dulu bercerai berai tapi lalu disatukan oleh pancasila,” kata Dr AS Tamrin.

Lalu bila dikaji dari aspek kenegaraan, pancasila adalah dasar negara. Landasan filosofis bangsa.

“Jadi seluruh hukum yang berlaku di Indonesia harus berkiblat kepada pancasila. Sebab pancasila adalah hukum diatas sumber hukum,” katanya.

Dikatakan, sumber hukum itu adalah konstitusi UU 1945. UU 1945 ini haruslah mendapat sinaran dari pancasila itu.

“Kenapa seperti itu, karena seluruh pasal dalam undang-undang merupakan amanah dan penjabaran dari pancasila. Begitu struktur negara kita ini, undang-undang tidak boleh lepas sendiri karena merupakan penjelmaan dari nilai-nilai pancasila,” katanya.

Kajian lainnya ditilik dari ilmu filsafat. Menurutnya, pancasila sangat terkait dengan keberadaan manusia sebagai mahluk monopluralis.

“Disatu sisi sebagai mahluk individu sekaligus mahluk sosial. Semua sendi kehidupan harus berdasarkan pancasila, demokrasi kita harus demokrasi pancasila, ekonomi pancasila, politik pancasila, semua,” katanya.

Olehnya, Ia mengimbau masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran betapa pentingnya nilai pancasila. Nilai-nilai ini haruslah dipegang teguh seluruh elemen untuk mewujudkan pembangunan daerah, bangsa dan negara. (adm)

 

Peliput : Sukri

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Baca Juga :  Siaga Pandemi, Garda Pemuda Nasdem Akan Gelar Donor Darah