Aspal Buton Mampu Penuhi Kebutuhan Nasional

157

PASARWAJO, Rubriksultra.com – Bupati Buton, La Bakry memastikan Buton mampu memenuhi kebutuhan aspal secara nasional. Potensi cadangan aspal buton bahkan cukup untuk kebutuhan hingga ratusan tahun pembangunan jalan di seluruh Indonesia.

La Bakry mengatakan Buton sudah siap untuk pemanfaatan 100 persen kebutuhan secara nasional. Teknologinya ada dan tidak sulit.

“Kalau dikalkulasi potensi aspal yang kita miliki dengan kebutuhan 4 juta ton secara nasional sangat cukup dan tidak akan habis hingga ratusan tahun ke depan,” paparnya, Selasa 10 November 2020.

Dikatakan peluang pemanfaatan aspal secara nasional sudah terbuka. Hal itu juga telah dikuatkan dengan pedoman penyusunan teknis APBD ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang mewajibkan dalam hal pembangunan dan pemeliharaan jalan di seluruh Indonesia menggunakan aspal Buton.

Selanjutnya akan dilakukan langkah koordinasi lebih lanjut melalui Gubernur Sultra kepada pemerintah pusat. Para kepala daerah dan instansi teknis juga akan diundang khusus untuk disampaikan mengenai konsentrasi di tahun 2021 yang wajib memanfaatkan aspal buton dalam rangka pembangunan maupun peningkatan jalan di seluruh Indonesia.

Diakui sebelum adanya arahan presiden tentang peningkatan penggunaan tingkat kandungan dalam negeri termasuk di dalamnya pemanfaatan aspal buton, beberapa daerah di nusantara telah memanfaatakan aspal Buton dalam pembangunan maupun peningkatan jalan. Namun jumlahnya belum lebih dari satu persen secara nasional.

Diharapkan pemanfaatan aspal buton secara nasional akan menyerap banyak lapangan kerja dan menggenjot perekonomian daerah. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Polres Buton Tanam 900 Pohon Mangrove