Asrun Lio Buka Sultra Job Fair 2022, Ada 1.828 Lowongan Kerja

48
Pj Sekda Sultra, Asrun Lio, saat membuka Job Fair 2022, di Lippo Plaza Kendari, Rabu 20 Juli 2022. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Bagi anda yang saat ini tengah mencari pekerjaan, mungkin Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2022 bisa menjadi solusi. Pameran ini resmi dibuka Pj Sekda Sultra, Asrun Lio, di Lippo Plaza Kendari, Rabu 20 Juli 2022.

Pameran ini rencananya digelar hingga 22 Juli 2022 esok. Di pameran ini tersedia sedikitnya 1.828 lowongan kerja.

Pj Sekda Sultra, Asrun Lio mengatakan, pameran ini merupakan kegiatan yang memiliki nilai strategis karena memberikan ruang komunikasi dua arah secara langsung, yakni memberikan ruang komunikasi antara pemberi kerja atau pengguna tenaga kerja dan pencari kerja, dimana pemerintah sebagai fasilitator.

Suasana pembukaan Sultra Job Fair 2022, di Lippo Plaza Kendari, Rabu 20 Juli 2022. (Foto Istimewa)

Kegiatan ini juga menjawab permasalahan di bidang ketenagakerjaan yang disebabkan adanya ketidakseimbangan antara persediaan dan kebutuhan tenaga kerja, dimana jumlah pencari kerja semakin meningkat tetapi lowongan jabatan atau pekerjaan sangat terbatas.

Untuk itu, pelaksanaan penempatan tenaga kerja didasarkan atas prinsip kemanusiaan, demokrasi dan The right man on the right place. Tiga dasar tersebut yang artinya pada setiap orang memiliki kemampuan, keahlian, pengalaman serta pendidikan yang dimiliki orang yang bersangkutan.

Pj Sekda berharap kepada perusahaan agar selalu menyampaikan isu strategis dalam melakukan proses antar kerja, diantaranya pertama, penempatan tenaga kerja dilaksanakan secara terbuka, bebas, obyektif, adil tanpa diskriminasi. Kedua, penempatan tenaga kerja sesuai dengan keahlian, keterampilan, bakat, minat, dan kemampuan.

Ketiga, penempatan tenaga kerja dengan memperhatikan pemerataan kesempatan dan penyediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan nasional dan daerah. Keempat, membuka lowongan kerja kepada penyandang disabilitas paling sedikit satu persen sebagaimana amanah pasal 53 UU Nomor 8 Tahun 2016.

Pj Sekda Sultra, Asrun Lio, pose bersama sejumlah pejabat saat pembukaan Sultra Job Fair 2022. (Foto Istimewa)

“Saya memberikan atensi kepada organisasi perangkat daerah yang menangani urusan ketenagakerjaan dan seluruh stakholder terkait untuk mengagendakan kegiatan rutin setiap tahun,” katanya.

Baca Juga :  Mendag Resmikan Dermaga Bongkar Muat Gula di Bombana

Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh sangat mengapresiasi kegiatan pameran kesempatan kerja atau Job Fair ini. Menurutnya kegiatan dapat membuka peluang bagi masyarakat untuk mecari pekerjaan.

“Selaku pimpinan DPRD, kami menaruh harapan dan berterimah kasih serta apresiasi yang luar biasa terhadap peningkatan kualitas kita, karena tenaga kerja kita dari hari kehari membutuhkan lapangan pekerjaan disemua dimensi ilmu dan pengetahuan yang dimiliki,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry