Baubau Dapat Jatah Seribu Dosis Vaksin Covid-19

198
Dr Wahyu (kiri).

BAUBAU, Rubriksultra.com– Pemerintah Kota Baubau mendapat jatab seribu dosis vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat. Menurut jadwal nasional, vaksin itu akan tiba pekan depan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Dr Wahyu menjelaskan, vaksin tersebut kini sudah ada di Kendari. Tinggal didistribusi ke 17 kabupaten kota di Sultra.

“Mengenai jatah, kita dapat sekitar seribuan unit lebih,” kata Dr Wahyu di kantornya, kita Jumat 8 Januari 2020.

Sasaran utama vaksin tahap pertama ini adalah tenaga kesehatan (Nakes). Makanya jumlah jatah vaksin disesuaikan dengan jumlah nakes di Baubau yang juga mencapai seribu orang lebih.

“Setelah Nakes barulah pelayanan publik ke masyarakat,” katanya.

Kata dia, terdapat 20 lokasi vaksinasi yang telah ditentukan. Lokasinya di Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang sudah memenuhi syarat dan mengantungi SK.

Ditambahkan, berdasarkan petunjuk nasional, vaksinasi diutamakan pada warga yang berusia 18-59 tahun. Olehnya, warga diatas usia 59 tahun tidak memenuhi syarat melalukan vaksinasi.

“Untuk usia 59 tahun kita masih dipertimbangkan apakah akan melakukan vaksinasi atau tidak. Karena memang benar orang divaksin ini punya batasan umur,” katanya.

Dr Wahyu pun meminta agar warga percaya kepada pemerintah. Sebab pemerintah tidak akan membuat warganya menderita, justru semua upaya yang dilakukan untuk mencegah serta melindungi masyarakat. (adm)

Laporan: Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Sekda Baubau: Idhul Adha, Momentum Saling Berbagi Kebahagiaan