BPBD Buton Siaga Bencana

241
Personil BPBD Buton berpose bersama di halaman Mapolres Buton. (FOTO ISTIMEWA)

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton siap siaga menghadapi potensi bencana alam. Utamanya bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi saat musim penghujan saat ini.

Kepala BPBD Buton, Manafu mengatakan, sejumlah daerah di Buton memang berpotensi terjadi bencana banjir dan tanah longsor, serta angin puting beliung setiap musim penghujan.

Untuk itu, Pihaknya telah memetakan daerah rawan bencana di Buton. Diantaranya daerah rawan longsor yaitu di Wakoko, Kecamatan Pasarwajo.

Daerah rawan banjir dipetakan di Desa Wakalambe dan Wabulugo, Kecamatan Kapontori, Desa Lasembangi dan Lawele, dan Kecamatan Lasalimu.

Sedang untuk daerah yang rawan angin puting beliung yaitu di daerah pesisir seperti Lasalimu Selatan, Pasarwajo dan Wabula.

“Rawan longsor karena daerahnya itu dekat tebing, sedangkan banjir berada didaerah jalur sungai dan daerahnya rata,” katanya.

Sebagai langkah awal menghadapi bencana tersebut, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk Polres Buton.

“Untuk soal cuaca kita selalu memantau di BMKG Baubau,” katanya.

Pihaknya juga akan menyiagakan personelnya 1×24 jam setiap harinya. Sekaligus melakukan patroli rutin untuk memantau disejumlah wilayah yang berpotensi terjadi bencana.

“Kemudian untuk sejumlah titik kita telah pasang alat Early Warning System (EWS) atau sistem peringatan dini yang berfungsi untuk memberitahukan akan terjardinya bencana,” katanya.

Disisi lain, Ia selalui mengingatkan dan menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan kemungkinan adanya bencana alam, baik di daerah rawan bencana maupun tidak. Termasuk mewaspadai cuaca buruk dilautan. (adm)

Penulis : Afrizal

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Baca Juga :  Dana Perjalanan Dinas OPD di Buton Dialihkan untuk Penanganan Corona