Busel Target Bebas TBC

73
Sosialiasasi lintas sektor menuju desa bebas TBC dengan tema besar "Menebas TBC", di Resto Pondok Jati Batauga, Senin 24 Mei 2021. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) menargetkan bebas Tuberculosis (TBC) pada 2024-2029. Sebagai langkah awal, dilaksanakan sosialiasasi lintas sektor menuju desa bebas TBC dengan tema besar “Menebas TBC”, di Resto Pondok Jati Batauga, Senin 24 Mei 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Busel, La Ode Budiman mengatakan, secara nasional, program bebas TBC dicanangkan pada 2030. Untuk itu, Pemkab Busel sudah mulai melakukan langkah dengan melaksanakan sosialisasi tersebut.

Sosialiasi ini juga akan dijadikan dasar penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Menebas TBC ini. Jangka menengah bebas TBC diharapkan sebanyak 20 desa dan jangka panjang secara keseluruhan di 60 desa dan 10 kelurahan.

Sebagai langkah pasti, akan dibentuk kader yang peduli dengan TBC. Dalam waktu dekat juga, akan dipilih dua desa sebagai percontohan.

“Satu desa di kepulauan dan satu di daratan. Masing-masing Kecamatan Siompu Barat di Desa Katampe dan di Kecamatan Lapandewa tepatnya di Desa Burangasi Rumbia,” katanya.

Dengan langkah ini, diharapkan Buton Selatan lebih maju untuk penanggulangan TBC. Ditargetkan pada 2024-2029, Busel sudah bebas TBC sebelum target nasional. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Praperadilan Kasus Bupati Busel Ditolak, Kuasa Hukum Pemohon Tempuh Upaya Lain