Buteng Belum Gelar Vaksin Anak, Kadis Kesehatan: Stok untuk Beberapa Kabupaten Masih Kosong

141
Kepala Dinas Kesehatan Buteng, Kasman.

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Sejumlah pemerintah daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) kini sudah memulai kick off pencanangan vaksinasi anak. Namun, Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) belum menggelar vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun itu.

Kepala Dinas Kesehatan Buteng, Kasman mengatakan, vaksinasi anak belum dilaksanakan karena stok vaksin untuk beberapa kabupaten masih kosong. Stok masih diprioritaskan kepada kabupaten/kota yang telah mencapai target vaksinasi 70 persen untuk penduduk dewasa.

- Advertisement -

“Posisi capaian vaksinasi kita saat ini baru sekitar 61,62 persen,” katanya.

Kasman mengaku sudah menyiapkan jadwal vaksinasi anak yang dimulai Senin, 24 Januari 2022. Namun terpaksa ditunda karena terkendala masih rendahnya capaian vaksinasi dewasa.

“Tim kami sebenarnya sudah ke Kendari menjemput stok vaksin anak, tapi ternyata sampai di sana stok vaksin untuk beberapa kabupaten masih kosong dan didahulukan untuk daerah yang sudah mencapai 70 persen capaian vaksinasi dewasa, karena itu syarat utama ambil vaksin anak,” katanya.

Kasman merinci target vaksinasi anak di Buteng ada 14.668. Target itu tersebar di Sekolah Dasar termasuk Madrasah Ibtidaiyah.

“Jadi kita batalkan dulu jadwal vaksinasi anak yang telah disusun sebelumnya. Sembari menunggu ketersediaan vaksin, kita isi dulu dengan sosialisasi di tingkat kecamatan kepada semua orang tua dan wali murid,” tandasnya. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  5.732 Warga Miskin di Buteng Belum Masuk BPNT