Buton Selatan Juara Desa Wisata Nusantara

1401
Ketgam : Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman saat menghadiri pemberian penghargaan Promosi Desa Wisata Nusantara periode I tahun 2022 Kementerian PDPTT yang dihadiri Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, Kamis (23/6/2022). (FOTO ISTIMEWA)
Ketgam : Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman saat menghadiri pemberian penghargaan Promosi Desa Wisata Nusantara periode I tahun 2022 Kementerian PDPTT yang dihadiri Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, Kamis (23/6/2022). (FOTO ISTIMEWA)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Desa Burangasi, Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan meraih predikat juara pertama dalam lomba Desa Wisata Nusantara periode Januari sampai dengan Juni 2022.

Desa Burangasi ditetapkan sebagai pemenang mengalahkan 1.407 desa wisata dikelola Bumdes dan Bumdes bersama yang masuk dalam Lomba Desa Wisata Nusantara.

Atas prestasi tersebut Desa Burangasi mendapat hadiah sebesar Rp 50 Juta dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) dan piagam penghargaan yang diserahkan Menteri Desa PDPTT, Abdul Halim Iskandar.

Piagam penghargaan itu diterima Kepala Desa Burangasi didampingi Direktur Bumdes Cahaya Wangkaboro Burangasi di hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis 23 Juni 2022.

Penghargaan juga diberikan kepada Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman atas dedikasi dan komitmen dalam mendukung program pengembangan desa wisata tahun 2022. Piagam penghargaan kepada Pj Bupati Busel diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Wapres KH Ma’ruf Amin menekankan mengenai keberadaan desa wisata sebagai perwujudan dari community base tourism yang inklusif. Karena desa wisata dapat memberi dampak pada pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan perekonomian lokal.

Menurutnya, pengembangan desa wisata perlu didorong, salah satunya melalui promosi.

Ketgam II : Pj Bupati Busel, La Ode Budiman berpose bersama rombongan usai menerima piagam penghargaan desa wisata nusantara. (FOTO ISTIMEWA)

“Saya dengar ada aplikasi Desa Wisata Nusantara ini, dengan demikian promosi merupakan kunci dari pengembangan Desa Wisata tersebut. Jadi pada 2024 nanti tidak ada lagi yang namanya desa tertinggal dan sangat tertinggal,” ungkap Wapres saat menyampaikan arahannya.

Pj Bupati Busel, La Ode Budiman sebagai salah satu kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Desa dan PDTT.

Menurutnya penghargaan tersebut dapat mendukung kemajuan pariwisata di Kabupaten Buton Selatan.

Diketahui, lomba promosi Desa Wisata Nusantara tahun 2022 yang berhadiah total 1 milyar tersebut digelar untuk mendorong desa-desa wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dan BUMDesa Bersama tumbuh dan bangkit pasca pandemi.

Baca Juga :  Gegara Corona, Tes SKB CASN Busel Ditunda

Kriteria pemenang adalah 10 Desa Wisata yang berhasil mendapat like alias tanda jempol terbanyak dari pengunjung atau wisatawan melalui aplikasi Desa Wisata Nusantara yang dapat diunduh di android dan IoS.

Adapun 10 pemenang dalam lomba promosi Desa Wisata Nusantara tahun 2022, sebagai berikut:

1. Pantai Lakadao, Desa Burangasi, Lapandewa, Buton Selatan, Sulawesi Tenggara
2. Taman Wisata Bukit Punjabu, Desa Buntu Buanging, Pitu Riase, Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan
3. Wisata Mangrove Kedatim, Desa Kebundadap Timur, Saronggi, Sumenep, Jawa Timur
4. Bayang Aia, Desa Pauah, Lubuk Sikaping, Pasaman Sumatera Barat
5. Kawasan Wisata Equator Bonjol, Desa Ganggo Mudiak, Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat
6. Taman Wisata Menanti Laburan, Desa Padang Panjang, Tanta, Tabalong, Kalimantan Selatan
7. Puncak Koto Panjang, Desa Lansek Kadok, Rao Selatan, Pasaman, Sumatera Barat
8. Benteng Bukit Tajadi, Desa Ganggo Hilia, Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat
9. Teba Majalangu, Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali
10. Jembatan Surau Lamo, Desa Jambak, Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat.

Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman
Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman

Selayang Pandang Pantai Lakadao

Pantai Lakadao tepat berada di Desa Burangasi, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan (Busel). Untuk ke lokasi, ada tiga jalur alternatif yang bisa dilalui.

Pertama, dari Kota Baubau bisa langsung ke Desa Burangasi, sekitar satu setengah jam menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Setelah sampai di Desa Burangasi, kita harus berjalan selama dua jam agar bisa ke lokasi tersebut.

Kedua, dari Kota Baubau langsung ke Desa Wabula Kabupaten Buton, sekitar dua jam. Sedangkan, jalur alternatif ketiga dari Kota Baubau langsung ke Desa Bahari, Kabupaten Buton Selatan, sekitar satu setengah jam. Di desa tersebut, kamu bisa menyewa kapal, dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga :  Stunting di Busel Menurun

Pantai Lakadao menawarkan suasana pantai yang sangat eksotis. Suasana asri, sejuk, ditambah pasir putih sepanjang pantai semakin menambah kesan betapa eksotiknya pantai ini. Daya tarik lainnya yaitu, adanya tebing yang menjulang tinggi sekitar 80 meter dan lebar 50 meter, lokasi ini bisa dijadikan wisata minat khusus panjat tebing bagi mereka yang senang dengan tantangan.

Dibagian tengah pantai, ada sebuah batu karang besar yang diatasnya terdapat rumah kecil seperti gazebo yang bisa Kamu gunakan untuk beristirahat, tak jarang juga wisatawan menggunakan gazebo ini sebagai properti untuk berfoto. (adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry