Cegah Longsor, BPBD Baubau Usul Rp 2 Miliar Bangun Talud

144
La Ode Muslimin Hibali

BAUBAU, Rubriksultra.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau mengusul anggaran pembangunan talud dinding tebing untuk mencegah longsor sekitar Rp 2 miliar. Usulan telah ditembuskan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Pemerintah Pusat.

Kepala BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin Hibali menjelaskan, rencana pembangunan talud itu dianggap penting demi mencegah adanya korban. Sebab di atas tebing yang akan dibangun itu banyak penduduk bernaung.

Termasuk di beberapa lokasi tebing yang kerap terjadi longsor yang hingga menutup badan jalan.

“Makanya kita usul, mana-mana saja yang lebih dulu direalisasi, apakah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021, supaya cepat ditangani,” harap La Ode Muslimin Hibali.

Mantan Plt Kepala Disdukcapil Baubau ini merinci beberapa lokasi titik rawan longsor. Diantaranya tebing di jalan sekitar permandian Tirta Rimba dan tebing di jalan KM 10.

“Lalu bekas kerukan tanah di Kelurahan Waborobo dan Kelurahan Bataraguru yang pernah terjadi musibah tanah longsor menimpa rumah warga, mengakibatkan korban meninggal dunia setahun silam,” bebernya.

Untuk itu, mantan Camat Wolio ini berharap Pemprov Sultra serta Pemerintah Pusat segera membantu mengalokasikan dana untuk pembangunan talud dinding tebing tersebut sebelum memakan korban akibat longsor. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Hasil Swab 17 ABK Negatif, Kapal Ferry Kamaru-Wanci Kembali Beroperasi