Corona, Pembangunan Sekolah di Buteng Tetap Jalan

102
Kepala Dikbud Buteng, Abdullah.

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Pandemi Covid-19 tak menghalangi pembangunan sarana dan prasarana sekolah di Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Pembangunan Ruang Kelas Belajar (RKB) baru maupun rehabilitasi gedung sekolah saat ini tetap jalan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Abdullah, memastikan hal itu. Kata dia, anggaran sektor pendidikan tidak terkena imbas pengurangan akibat dampak Covid-19.

-Advertisement-

“Pendidikan tidak terkena imbas sehingga kita tetap jalan,” katanya.

Abdullah menjelaskan, rehabilitasi sekolah di Buteng terdapat di beberapa titik. Namun yang paling mendesak adalah SMP yang ada di Mawasangka.

“Disana siswanya banyak sementara bangunannya sudah tidak layak. Sekarang pembangunan sudah mencapai 40 persen dengan konstruksi dua lantai. Ini sekolah pertama dengan dua lantai di Buteng,” katanya.

Dikatakan, rehabilitasi sekolah dianggarkan senilai Rp 15 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Anggaran ini dikelola langsung kepala sekolah secara swakelola.

Anggaran ini diperuntukan untuk rehabilitasi perpustakaan, kantor, RKB, maupun sanitasi.

“Ini tentunya menjadi prioritas, disamping kualitas guru kita tingkatkan, yang paling penting juga itu sarananya supaya siswa belajar dengan nyaman,” katanya.

Sementara ini juga, pihaknya tengah membangun komunikasi terkait tambahan DAK. Apalagi dalam DAK banyak program rehabilitasi.

“Tinggal daerah saja yang membangun komunikasi untuk melengkapi dokumen yang diperlukan. Karena memang di Buteng ini, kalau persoalan kekurangan RKB sudah tidak terlalu banyak, kekurangan RKB itu hanya di Lombe. Tapi kalau butuh rehab itu banyak sekali, apalagi di Talaga,” katanya.

Selain DAK, pihaknya juga membangun kerjasama dengan Kementerian PU melalui Balai Pemukiman dan Perumahan. Utamanya program renovasi sekolah.

“Tahun kemarin kita dapat dua lokasi. Alhamdulillah tahun 2020 ini kita jugadiberikan dua lokasi. Masing-masing satu di Talaga dan Mawasangka Tengah,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Ini Peraih Skor Tertinggi Hari Pertama Seleksi CASN Buteng