Direktur TSDP Kementerian Perhubungan Kunjungi Busel

276
Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani bersama Direktur TSDP Kementerian Perhubungan, Marwanto Heru Santoso meninjau lokasi persiapan pembangunan pelabuhan ferry Kadatua dan Siompu, Senin 7 September 2020. (Foto Istimewa)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Pembangunan tahap II pelabuhan ferry di Kecamatan Kadatua dan Siompu akan dilanjutkan. Hal itu menyusul setelah Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani bersama Direktur TSDP Kementerian Perhubungan, Marwanto Heru Santoso meninjau lokasi persiapan pembangunan, Senin 7 September 2020.

Bupati Busel, H. La Ode Arusani mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian Perhubungan atas perhatiannya dalam rangka pembangunan Busel. Kata dia, dengan adanya pelabuhan ferry ini, maka akan membuka akses mobilitas masyarakat dan meningkatkan roda perekonomian di sektor pariwisata, perdagangan maupun sektor lainnya.

-Advertisement-

“Kehadiran pelabuhan ini juga untuk mendukung fasilitas bandara kargo di Kadatua,” katanya.

Dikatakan, selain Kadatua dan Siompu, Pemkab Busel juga bakal mengusulkan pembangunan dermaga yang ada di Kecamatan Siompu Barat. Hal ini lantaran daerah tersebut sangat strategis sebagai jalur lalu lintas kapal.

“Lokasinya sudah siap. Ketika ada dermaga di sana, bisa menjadi tempat pengisian air atau BBM bagi kapal dari barat ke timur, ini bisa menghemat biaya dibandingkan harus memutar ke Makassar,” katanya.

Direktur TSDP Kementrian Perhubungan, Marwanto Heru Santoso, menjelaskan, pembangunan dermaga ferry Siompu dan Kadatua tahap kedua dianggarkan melalui dana APBN. Anggaran tahap dua ini sebesar Rp 123 miliar.

Marwanto Heru Santoso juga mengapresiasi Pemkab Busel yang terus melakukan pembangunan dalam rangka memajukan Busel di sektor perhubungan.

“Saya mengapresiasi langkah bupati yang terus gigih memperjuangkan daerahnya. Tentu pembangunan ini akan bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Busel,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Busel, Erick Oktora Hibali menuturkan, lintasan
ferry Baubau-Kadatua-Siompu akan resmi beroperasi secara efektif pada September ini.

“Ferry akan beroperasi setiap hari. Khusus untuk Kecamatan Kadatua sudah dapat memobilisasi kendaraan roda dua dan empat dengan menggunakan pelabuhan lencengan sementara di dermaga Desa Kapoa,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Busel Resmikan Pelabuhan Ferry di Kadatua

Sementara untuk dermaga Kecamatan Siompu, kata dia, Pemkab Busel tengah menunggu serah terima dari Kemenhub. Kemudian akan dibangun pelabuhan sementara untuk berlabuhnya ferry.

Untuk diketahui, peninjauan dermaga Fery ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Busel, Kepala Balai Transpotasi Darat Sultra Beni Nurdin, Kepala KUPP Kelas II Baubau Pradigdo dan Jenderal Manager ASDP Baubau Suharto. (adm)

 

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry