Diresmikan Gubernur, Pembangunan Kantor Bupati Mubar Padukan Nilai Budaya dan Arsitektur Modern

80
Gubernur Sultra, Ali Mazi, didampingi Pj Bupati Mubar, Bahri, saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan tiga gedung di Kabupaten Mubar secara serentak, Selasa 26 Juli 2022. (Foto Istimewa)

MUNA BARAT, Rubriksultra.com- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi didampingi Pj. Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri, melakukan peletakan batu pertama pembangunan tiga gedung di Kabupaten Mubar secara serentak. Gedung tersebut diantaranya kantor Bupati, kantor DPRD dan Masjid Agung Mubar, Selasa 26 Juli 2022.

Tiga gedung ini dibangun di kawasan Bumi Praja Laworoku. Laworoku yang terletak di Kecamatan Sawerigading merupakan gabungan tiga nama wilayah yang ada di Kabupaten Mubar yaitu Lawa, Tiworo dan Kusambi.

Pembangunan kantor Bupati dan kantor DPRD Mubar ini diharapkan menjadi momentum bagi pemerintah Kabupaten Mubar dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik yang selama ini masih belum memenuhi standar.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, saat pose bersama dalam peletakan batu pertama pembangunan kantor Bupati Mubar. (Foto Istimewa)

Bupati Mubar, Bahri mengatakan, desain kantor Bupati dan DPRD Mubar akan memadukan nilai-nilai budaya kearifan lokal dan konsep arsitektur modern yang juga akan menjadi ikon daerah.

Desain tersebut mengawinkan cita rumah adat terhadap prinsip desain modern yang berbentuk panggung sebagai ciri rumah adat Muna dan Tiworo. Desain bangunan tampak mewah dan kokoh sebagai simbol pemerintahan yang bermartabat.

Bahri merinci anggaran kantor Bupati Mubar sebesar Rp 48 miliar. Khusus pada 2023 ini akan dianggarkan sebesar Rp 17 miliar.

“Sedangkan untuk kantor DPRD Mubar angarannya sebesar Rp 20 miliar dan akan dianggarkan tahun ini sebesar Rp 7,7 miliar,” katanya.

Gubernur Sultra, saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor Bupati Mubar. (Foto Istimewa)

Ia menegaskan pembangunan tiga gedung tersebut diupayakan tuntas pada 2023 mendatang. Termasuk pembangunan mall pelayanan publik dan kantor Disdukcapil yang akan dimulai tahun depan.

Tambahan informasi, peletakan batu pertama pembangunan tiga gedung tersebut turut dihadiri Pj. Bupati Buton Tengah Muh. Yusup, staf khusus Kemendagri Reza Pahlevi, Anggota DPRD Sultra Dapil Muna dan Muna Barat Laode Tariala, Wakil Ketua DPRD Muna Barat Uking Djasa, Sekretaris Daerah Muna Barat Husen Tali, dan segenap unsur Pimpinan Forkopimda Muna Barat.

Baca Juga :  BK Lanal Kendari Komitmen Putus Sebaran Covid-19 di Sultra

Hadir pula beberapa Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sulta antara lain, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Syahruddin Nurdin, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hj. Isma, Plt. Kepala Bapenda Laode Abdul Hadi, Kepala dinas Koperasi La ode Drs. Saifudin, Kepala Biro Pembangunan La Ode Muh. Rusdin Jaya dan Kadis PUPR La Ode Muhammad Nurjaya. (adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry