Distan Baubau Genjot Pengembangan Tanaman Hortikultura

30
Muhammad Rais

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Pertanian (Distan) Kota Baubau berencana meningkatkan produksi tanaman hortikultura pada 2021 ini. Utamanya Olekultura (Sayur-sayuran) dan frutikultura (Buah-buahan).

Kepala Distan Baubau, Muhammad Rais menjelaskan, Kota Baubau memiliki sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang mumpuni.Apalagi ditunjang dengan pasar yang memadai sebagai sentra penjualan.

Kata dia, target pengembangan tanaman ini terdapat di beberapa wilayah. Sayur-sayuran di Kecamatan Bungi dan buah-buahan di Kecamatan Lea-lea dan Sorawolio.

“Sorawolio dipilih menjadi sentra pengembangan buah-buahan sebab daerahnya sejuk dan tanahnya subur, berpotensi besar banyak tanaman layak tumbuh. Disana nantinya akan menjadi basis pengembangan pariwisata dibidang pertanian, utamanya kebun buah,” katanya.

Sementara untuk Kecamatan Lea-lea, fokus untuk produksi jeruk Siompu. Dimana 2021 ini terdapat kucuran anggaran 20 hektare untuk pengembangan jeruk Siompu.

“Kita juga mendapar bantuan dari Pemerintah Provinsi Sultra berupa 3.500 bibit pohon mangga dan Pemerintah Pusat juga membuka peluang 20 hektare untuk pengembangan buah durian, nanti akan disasar wilayah Gonda, Kecamatan Sorawolio,” katanya.

Untuk memuluskan rencana tersebut, Distan Baubau masih berupaya melakukan pendataan jumlah petani. Utamanya yang siap mengembangkan tanaman buah dan sayuran tersebut. (adm)

Laporan : Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Polisi Duga Pelaku Pembunuhan Dua Perempuan di Baubau Kenal dengan Korban