Distan Baubau Periksa Hewan Qurban Sebanyak 1.404 Ekor

43
Ilustrasi (Foto Int)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Pertanian (Distan) Kota Baubau mencatat sebanyak 1.404 ekor hewan qurban yang telah diperiksa. Pemeriksaan ini dilakukan sejak Senin, 20 Juli 2020 lalu.

“Semua terdiri dari 462 ekor sapi dan 942 ekor kambing. Itu termasuk pemeriksaan gratis dengan melalui panggilan ke rumah atau hewannya di bawa langsung ke kantor hingga H-1 lebaran,” kata Kabid Peternakan Distan Kota Baubau, drh Jusrianti.

-Advertisement-

Kata dia, dari hasil pemeriksaan tidak ada satupun ditemukan kelainan pada hewan. Semua hewan qurban masih dalam kategori layak konsumsi.

Namun untuk kembali memastikan, sebanyak 20 petugas diterjunkan ke lapangan pada hari H lebaran. Petugas ini sisebar di seluruh kecamatan untuk memantau dan memeriksa daging usai disembelih atau biasa disebut Post Mortem.

Pemeriksaan Post Mortem bertujuan untuk mencegah masyarakat mengonsumsi daging yang termasuk perubahan organ, dimana ada akses cacingnya. Meski begitu, Baubau masih dalam kategori aman.

“Jadi nanti tim akan sasar di masjid dan rumah warga guna memastikan kelayakan daging untuk dikonsumsi masyarakat,” ungkapnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat bila metemukan ada kelainan pada organ daging agar tidak dikonsumsi. (adm)

Penulis: Ady

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  AS Tamrin Ingatkan 135 CPNS Baubau Soal Kerja Ikhlas