Gubernur Sultra Bawa Tanah dari Buton dan Air dari Kolaka untuk Ibu Kota Negara

307
Suasana ramah tamah dan silaturahmi Gubernur Sultra bersama masyarakat Sultra di Provinsi Kaltim. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com– Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi bersama 33 Gubernur se-Indonesia menghadiri ritual Kendi Nusantara yang digelar di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Senin 14 Maret 2022.

Dilansir dari sultraprov.go.id, Gubernur Sultra sudah hadir di Kota Balikpapan, Kaltim, sejak Minggu 13 Maret 2022 dengan didampingi Sekretaris Daerah Sultra Nur Endang Abbas, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Asrun Lio, Kepala Badan Pengelola dan Keuangan Daerah Basiran, dan Plt. Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse.

- Advertisement -

Presiden Joko Widodo menginisiasi ritual Kendi Nusantara ini dengan meminta setiap Gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing daerahnya sebanyak satu liter air dan satu kilogram tanah.

Air dan tanah ini diambil dari lokasi yang sesuai dengan kearifan lokal dan budaya masing-masing daerah. Selanjutnya, air dan tanah dari seluruh provinsi se-Indonesia akan dimasukkan ke dalam kendi bernama Kendi Nusantara yang terbuat dari tembaga.

Ritual inilah yang disebut dengan Kendi Nusantara, yang secara filosofis dimaknai sebagai simbolis dari kalimat “tanah air Indonesia”.

Tanah dari Sultra yang dibawa Gubernur berasal dari lokasi Lelemangura di kawasan Makam Sultan Buton I Murhum Kaimuddin di Kompleks Kesultanan Buton. Ritual pengambilannya dipimpin Plt. Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse bersama tokoh adat setempat.

Sedangkan air diambil dari Kendi Sangia Nibandera di kawasan Makam Sangia Nilulo, Kerajaan Mekongga, di Kabupaten Kolaka.

Ritual pengambilan air yang disebut dengan Ritual Meparamisi dipimpin Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin dan Bokeo (Raja) Mekongga XIII Khaerun Dahlan, didampingi Sekretaris Daerah Kolaka Poitu Murtopo, sejumlah anggota DPRD, tokoh adat, tokoh masyarakat serta jajaran Pemerintah Kecamatan Wundulako.

Baca Juga :  Genjot Pembangunan Infrastruktur Kesehatan, Ali Mazi Teken Pinjaman ke PT SMI

Sebelum pelaksanaan ritual Kendi Nusantara, Presiden juga memberikan sejumlah arahan kepada seluruh Gubernur di Hotel Novotel, Kota Balikpapan, Minggu 13 Maret 2022 malam.

Setelah kegiatan pengarahan tersebut, Gubernur Sultra menggelar pertemuan dengan diaspora Sultra yang ada di Kaltim yang dikemas dalam bentuk ramah tamah dan silaturahmi Gubernur Sultra bersama masyarakat Sultra di Provinsi Kaltim.

Dalam kegiatan ini, Gubernur didampingi Sekda Sultra Nur Endang Abbas dan Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse yang memandu jalannya acara yang diselingi dengan tanya jawab. (adm)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry