Gubernur Sultra Kukuhkan Paskibraka HUT RI ke-75

91
Gubernur Sultra, H. Ali Mazi berpose bersama delapan anggota Paskibraka yang akan bertugas pada upacara HUT RI ke-75 tingkat Provinsi Sultra. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Persiapan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 tingkat Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai dimatangkan. Persiapan dimulai dengan mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka).

Upacara pengukuhan Paskibraka ini dipimpin langsung Gubernur Sultra, H. Ali Mazi di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra sekira pukul 14.00 WITa, Kamis 13 Agustus 2020.

-Advertisement-

Terdapat delapan orang Paskibraka yang akan memikul tugas mulia peringatan HUT RI ke-75 ini. Kedelapan putra putri terbaik Sultra ini dipilih dari berbagai sekolah.

Mereka diantaranya, Rangga dari SMKN 2 Kolaka, Rusli dari SMAN 1 Konsel, Hans Kristian Hagae dari SMAN 12 Konsel, Muh. Akhsan Farid Nurdin dari SMAN 1 Unaaha Konawe, Aditya Tirta Supardi dari SMAN 4 Kendari, Asri Savira Ria SMAN 1 Kendari, Annisa Nurul Shadrina dari SMAN 1 Kendari, dan terakhir Tasya Sundari SMAN 2 Kendari.

Sebelumnya, Gubernur Sultra, H. Ali Mazi mengikuti pengukuhan Paskibraka tingkat nasional yang dipimpin langsung Presiden RI, Joko Widodo melalui Video Teleconference (Vicon). Pengukuhan diikuti seluruh gubernur,bupati, dan wali kota seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo memberikan mandat kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk melaksanakan pengukuhan Paskibra di masing-masing provinsi, kabupaten dan kota.

Suasana upacara pengukuhan Paskibraka yang dipimpin langsung Gubernur Sultra, H. Ali Mazi di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra sekira pukul 14.00 WITa, Kamis 13 Agustus 2020. (Foto Istimewa)

“Dengan memohon ridha Allah Yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudari sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2020. Selanjutnya kepada para Gubernur di 34 provinsi saya persilahkan mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka yang bertugas di provinsi masing-masing,” kata Jokowi melalui siaran langsung dari YouTube Sekretariat Presiden.

“Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara ini,” tuturnya.

Baca Juga :  Pemprov Sultra Optimalkan Kinerja

Pada tahun-tahun sebelumnya, ada 68 anggota Paskibraka yang bertugas di Istana Kepresidenan. Namun, akibat pandemi Covid-19, tahun ini jumlahnya dipangkas menjadi delapan anggota saja.

Tiga anggota akan betugas untuk upacara kenaikan bendera, dan tiga anggota untuk upacara penurunan. Sisanya, dua anggota cadangan.

Delapan orang tersebut diambil dari anggota Paskibraka yang menjadi cadangan pada 2019.

Delapan anggota tersebut yakni Indrian Puspita Rahmadhani (SMAN 1 Bireuen NAD), I Gusti Agung Bagus Kade Sangga Eirav Adhita (SMAN 1 Mendoyo Bali), Sudrajat Prawijaya (SMAN 4 Rejang Lebong Bengkulu).

Selanjutnya, Muhammad Arief Wijaya (SMAN 2 Kendari Sultra), Muhammad Asri Maulana (SMAN 1 Kandangan Kab HSS Kalsel), Sylvia Kartika Putri (SMA Swasta Kartika 14 Pematang Siantar Sumut), Dhea Lukita Andriana (SMAN 1 Ngunut Tulungagung Jatim) dan Muhammad Adzan (MAN 2 Kota Bima NTB). (adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry