Hadiri HUT TNI-AL, Gubernur: Laut Sumber Kehidupan

11
Gubernur Sultra, saat menghadiri HUT TNI-AL. (Foto Istimewa)

KENDARI, Rubriksultra.com- Gubernur Sultra, Ali Mazi, mengatakan, sebagai negara maritim, laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan bangsa Indonesia. Kelangsungan bangsa ini tidak pernah lepas dari bagaimana cara memandang lautan Nusantara sebagai sumber kehidupan dan cara bertahan hidup.

Hal itu disampaikan Gubernur saat mengikuti upacara peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angakatan Laut (AL) di dermaga Mako Lanal Kendari, Senin 12 September 2022.

Kata dia, lautan juga menjadi media penting bagi akses pemerataan kesehatan, pendidikan dan perekonomian bangsa Indonesia menuju kejayaan sebagai bangsa maritim.

- Advertisement -
Gubernur Sultra, Ali Mazi, berpose bersama saat menghadiri HUT TNI-AL. (Foto Istimewa)

“Lautan sebagai media penting bagi Indonesia, dengan mengetahui bahwa di dasar lautan membentang kabel optik sarana ekonomi digital masa kini tidak lupa kontribusi besar sumberdaya perikanan dan pariwisata bahari serta sumberdaya alam lainnya yang terkandung di bawah laut,” katanya.

Gubernur menegaskan, kelangsung hidup sebagai bangsa maritim membutuhkan jaminan keamanan pada jalur distribusi ekonomi laut, jaminan keamanan bernavigasi, jaminan atas terbukanya akses yang sama atas sumberdaya alam yang semuannya membutuhkan kekuatan TNI AL.

Dewasa ini, TNI AL telah melaksanakan pembangunan kekuatan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan tempur menggunakan alutsista dengan upaya modernisasi diiringi dengan adanya pemenuhan senjata dan amunisi, kelengkapan sarana dan prasarana serta dukungan logistik terpadu.

Selain itu, di bidang organisasi, TNI AL telah melaksanakan validasi dan relokasi yang diarahkan untuk memperkuat kemampuan strategis operasi terutama di pulau-pulau terluar serta daerah-daerah dengan kerawanan tinggi.

Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh, saat memberikan potongan kue kepada salah satu anggota TNI-AL. (Foto Istimewa)

“Berbagai terpaan dan ujian telah dialami bangsa ini, namun sejarah membuktikan kita selalu bangkit berdiri tegak. Bangsa yang kuat bukanlah bangsa yang tidak pernah jatuh dalam menghadapi ujian dan tantangan, namun bangsa yang ketika jatuh mampu bangkit berdiri lebih kuat,” katanya.

Baca Juga :  Bangun Buteng, Samahuddin Junjung Nilai Kearifan Lokal

Danlanal Kendari mengucapkan terimakasih atas segala dukungan pemerintah Provinsi Sultra pada HUT TNI-AL yang mengakses keamanan wilayah kerja mencakup 17 kabupaten/kota seluruh Provinsi Sultra. Saat ini, Lanal Kendari memiliki lima pos yaitu pos Kolaka, pos Konawe Utara, pos Konawe Selatan, pos Baubau dan pos Wanci.

Upacara tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Sultra dan Forkopimda Sultra diantaranya Kapolda Sultra, Kajati Sultra, Danrem 143 Haluoleo, Kabinda Sultra, Danlanal Kendari, Danlanud Haluoleo, Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Sultra, Bupati/Walikota se-Sultra serta pimpinan instansi vertikal wilayah Sultra. (adv)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry